Pengembangan e-modul berbantuan Heyzine Flipbook berbasis PjBL-STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi suhu dan kalor

Nuraeni, Novi (2025) Pengembangan e-modul berbantuan Heyzine Flipbook berbasis PjBL-STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi suhu dan kalor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (483kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (952kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan sangat pesat, terutama penyediaan ilustrasi yang mempermudah pemahaman materi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keterlaksanaan pembelajaran, dan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui e-modul Berbantuan Heyzine Flipbook Berbasis PjBL-STEM. Pendekatan penelitian adalah kualitatif dan kuantitatif dengan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-11 di SMAN 1 Cicalengka. Instrumen penelitian mencakup validasi ahli, lembar observasi, dan tes keterampilan berpikir kritis. Analisis data menggunakan Aiken’s V, uji N-Gain, dan paired sample t-test. Hasil menunjukkan modul sangat layak (indeks validitas 0,8), keterlaksanaan pembelajaran oleh guru 89% dan peserta didik 85% dengan koefisien kesepakatan 0,71 dan 0,67. Peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik tergolong tinggi, dengan nilai N-Gain sebesar 0,71. Uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,001, yang mengindikasikan adanya perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest, yang menunjukkan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Dengan demikian, e-modul berbantuan Heyzine Flipbook berbasis PjBL-STEM terbukti layak digunakan dan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: E-modul berbantuan Heyzine Flipbook; PjBL-STEM; keterampilan berpikir kritis; suhu dan kalor
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Nuraeni Novi
Date Deposited: 23 Sep 2025 08:22
Last Modified: 23 Sep 2025 08:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121670

Actions (login required)

View Item View Item