Nuraeni, Novi (2025) Pengembangan e-modul berbantuan Heyzine Flipbook berbasis PjBL-STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi suhu dan kalor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (483kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (952kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (653kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (373kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (22MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan sangat pesat, terutama penyediaan ilustrasi yang mempermudah pemahaman materi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keterlaksanaan pembelajaran, dan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui e-modul Berbantuan Heyzine Flipbook Berbasis PjBL-STEM. Pendekatan penelitian adalah kualitatif dan kuantitatif dengan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-11 di SMAN 1 Cicalengka. Instrumen penelitian mencakup validasi ahli, lembar observasi, dan tes keterampilan berpikir kritis. Analisis data menggunakan Aiken’s V, uji N-Gain, dan paired sample t-test. Hasil menunjukkan modul sangat layak (indeks validitas 0,8), keterlaksanaan pembelajaran oleh guru 89% dan peserta didik 85% dengan koefisien kesepakatan 0,71 dan 0,67. Peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik tergolong tinggi, dengan nilai N-Gain sebesar 0,71. Uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,001, yang mengindikasikan adanya perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest, yang menunjukkan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Dengan demikian, e-modul berbantuan Heyzine Flipbook berbasis PjBL-STEM terbukti layak digunakan dan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-modul berbantuan Heyzine Flipbook; PjBL-STEM; keterampilan berpikir kritis; suhu dan kalor |
Subjects: | Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Nuraeni Novi |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 08:22 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 08:22 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121670 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |