Meilani, Gina Nurrul (2025) Implementasi konseling Islam menggunakan cognitive behaviour therapy dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (262kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Perilaku tidak percaya diri pada siswa, seperti tidak menghargai dirinya, merasa rendah diri, tidak memiliki harapan untuk masa depan sering muncul di lingkungan madrasah aliyah negeri 2 Bandung. Sikap tidak percaya diri ini jika tidak ditangani dengan baik dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, dalam proses pembelajaran, bahkan berdampak serius pada dirinya di masa depan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis implementasi konseling islam dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa, pendekatan cognitive behaviour therapy. Dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa, progres peningkatan kepercayaan diri siswa dari konseling islam menggunakan cognitive behaviour therapy. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data, melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. informan dalam penelitian ini yaitu guru bk dan partisipan aktif yaitu siswa yang menunjukan sikap tidak percaya diri. analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dengan teknik triangulasi sumber untuk menjamin keabsahan data. Analisis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan cognitive behaviour therapy yang dirujuk dari Corey dan Aaron T. Beck yang menggunakan teknik-teknik CBT dapat layanan konseling serta teori kepercayaan diri yang dirujuk dari Lauster, John W. Santrock dan Gael Lindenfield. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepercayaan diri pada siswa di MAN 2 Kota Bandung disebabkan oleh faktor internal dan eksternal, untuk faktor internal ada dalam diri siswa seperti cinta diri, pemikiran yang positif, pemahaman diri dan faktor eksternal yaitu hubungan dengan anggota keluarga, kondisi ekonomi atau status sosial, hubungan dengan teman dan lingkungan. Dalam konseling islam menggunakan CBT dapat membantu dan membimbing siswa untuk lebih percaya diri dengan membangun potensi dirinya, belajar bersyukur, ikhlas, kesabaran dalam menghadapi masalah, afirmasi positif mengenai dirinya, perubahan perilaku yang positif dan harapan yang baik untuk masa depannya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Konseling Islam; Cognitive Behaviour Therapy; Kepercayaan Diri |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | gina nurrul meilani |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 01:18 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 01:18 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121793 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |