Pengembangan bahan ajar berbasis etnomatematika sunda untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika

Gartinah, Tanti (2025) Pengembangan bahan ajar berbasis etnomatematika sunda untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematika siswa masih tergolong rendah, khususnya dalam merumuskan, menerapkan, dan menginterpretasikan masalah dalam konteks nyata. Kondisi ini menuntut adanya pengembangan bahan ajar yang mampu menghubungkan konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari agar pembelajaran lebih bermakna. Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar berbasis etnomatematika sunda pada materi pola bilangan untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis. Penelitian menggunakan metode pengembangan dengan model ADDIE yang meliputi tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Produk yang sudah dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, kemudian diuji coba pada skala kecil dan skala besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak, praktis digunakan, dan efektif dalam mendukung peningkatan kemampuan literasi matematis. Integrasi budaya lokal dalam bahan ajar memberikan dampak positif terhadap keterlibatan siswa, pemahaman konsep, dan pengalaman belajar yang lebih kontekstual.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar; Etnomatematika Sunda; Pola bilangan; Literasi matematis; ADDIE
Subjects: Education
Education, Research
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Tanti Gartinah
Date Deposited: 24 Sep 2025 07:05
Last Modified: 24 Sep 2025 07:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121803

Actions (login required)

View Item View Item