Gartinah, Tanti (2025) Pengembangan bahan ajar berbasis etnomatematika sunda untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (607kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (564kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematika siswa masih tergolong rendah, khususnya dalam merumuskan, menerapkan, dan menginterpretasikan masalah dalam konteks nyata. Kondisi ini menuntut adanya pengembangan bahan ajar yang mampu menghubungkan konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari agar pembelajaran lebih bermakna. Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar berbasis etnomatematika sunda pada materi pola bilangan untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis. Penelitian menggunakan metode pengembangan dengan model ADDIE yang meliputi tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Produk yang sudah dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, kemudian diuji coba pada skala kecil dan skala besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak, praktis digunakan, dan efektif dalam mendukung peningkatan kemampuan literasi matematis. Integrasi budaya lokal dalam bahan ajar memberikan dampak positif terhadap keterlibatan siswa, pemahaman konsep, dan pengalaman belajar yang lebih kontekstual.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan ajar; Etnomatematika Sunda; Pola bilangan; Literasi matematis; ADDIE |
Subjects: | Education Education, Research Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Tanti Gartinah |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 07:05 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 07:05 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121803 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |