Pengembangan E-LKPD berbasis Problem-Based Learning terintegrasi Etnosains untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi kalor

Wardani, Ayu Kusuma (2025) Pengembangan E-LKPD berbasis Problem-Based Learning terintegrasi Etnosains untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi kalor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (360kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu kompetensi utama abad ke-21 yang perlu dikembangkan melalui pembelajaran bermakna. Integrasi model Problem-Based Learning (PBL) dan etnosains menjadi pendekatan relevan untuk meningkatkan keterampilan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan E-LKPD berbasis PBL terintegrasi etnosains, keterlaksanaan pembelajaran menggunakan E-LKPD, serta peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian adalah 33 peserta didik kelas XI SMA Al-Islam Kota Bandung. Instrumen yang digunakan terdiri atas lembar validasi E-LKPD, lembar observasi keterlaksanaan, serta soal uraian pretest dan posttest berpikir kritis. Data dianalisis menggunakan Aiken’s V, perhitungan N-Gain, dan uji-t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan E-LKPD memperoleh skor 0,78 pada aspek media dan 0,85 pada aspek materi. Keterlaksanaan pembelajaran sangat baik, dengan persentase 93,33% pada pertemuan pertama, 95,42% pada pertemuan kedua, dan 96,67% pada pertemuan ketiga. Peningkatan keterampilan berpikir kritis ditunjukkan oleh nilai N-Gain sebesar 0,75 dengan signifikansi (Sig. 2-tailed) 0,00 (p < 0,05), sehingga terdapat perbedaan signifikan antara pretest dan posttest. Dengan demikian, E-LKPD berbasis PBL terintegrasi etnosains terbukti layak, terlaksana dengan baik, dan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD; Etnosains; Keterampilan berpikir kritis; Problem-Based Learning (PBL)
Subjects: Physics > Data Processing and Analysis of Physics
Physics > General Publications of Physics
Physics > Measurement of Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Ayu Kusuma Wardani
Date Deposited: 25 Sep 2025 02:08
Last Modified: 25 Sep 2025 08:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121897

Actions (login required)

View Item View Item