Wardani, Ayu Kusuma (2025) Pengembangan E-LKPD berbasis Problem-Based Learning terintegrasi Etnosains untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi kalor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (360kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (784kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (521kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu kompetensi utama abad ke-21 yang perlu dikembangkan melalui pembelajaran bermakna. Integrasi model Problem-Based Learning (PBL) dan etnosains menjadi pendekatan relevan untuk meningkatkan keterampilan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan E-LKPD berbasis PBL terintegrasi etnosains, keterlaksanaan pembelajaran menggunakan E-LKPD, serta peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian adalah 33 peserta didik kelas XI SMA Al-Islam Kota Bandung. Instrumen yang digunakan terdiri atas lembar validasi E-LKPD, lembar observasi keterlaksanaan, serta soal uraian pretest dan posttest berpikir kritis. Data dianalisis menggunakan Aiken’s V, perhitungan N-Gain, dan uji-t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan E-LKPD memperoleh skor 0,78 pada aspek media dan 0,85 pada aspek materi. Keterlaksanaan pembelajaran sangat baik, dengan persentase 93,33% pada pertemuan pertama, 95,42% pada pertemuan kedua, dan 96,67% pada pertemuan ketiga. Peningkatan keterampilan berpikir kritis ditunjukkan oleh nilai N-Gain sebesar 0,75 dengan signifikansi (Sig. 2-tailed) 0,00 (p < 0,05), sehingga terdapat perbedaan signifikan antara pretest dan posttest. Dengan demikian, E-LKPD berbasis PBL terintegrasi etnosains terbukti layak, terlaksana dengan baik, dan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-LKPD; Etnosains; Keterampilan berpikir kritis; Problem-Based Learning (PBL) |
Subjects: | Physics > Data Processing and Analysis of Physics Physics > General Publications of Physics Physics > Measurement of Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Ayu Kusuma Wardani |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 02:08 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 08:09 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121897 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |