Naufal, Ilham Fadlil (2025) Upaya meningkatkan hasil belajar Kognitif Pendidikan Pancasila penggunakan Model Active Learning Tipe Role Reversal Question di MIN 1 Kota Bandung : Penelitian tindakan kelas di kelas IV MIN 1 Kota Bandung. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIASI)
Keterangan Bebas Plagiasi.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (312kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan ditemukannya permasalahan mengenai hasil belajar kognitif peserta didik kelas IV MIN 1 Kota Bandung pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Hal ini dibuktikan dari hasil penilaian 30 peserta didik terdapat 13 peserta didik yang tuntas dari KKTP yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan menggunakan model Active Learning Tipe Role Reversal Question pada peserta didik kelas IV MIN 1 Kota Bandung. Active Learning Tipe Role reversal question merupakan kegiatan pembelajaran aktif yang menekankan pada aktivitas tanya jawab dengan pertukaran peran. Jika guru bertukar peran menjadi siswa maka guru mengajukan pertanyaan dan siswa mencoba menjawab pertanyaan. Begitupula sebaliknya, jika siswa yang mengajukan pertanyaan maka guru yang menjawab. Jenis pendekatan pada penelitian ini menggunakan mixed method. Jenis data menggunakan jenis data kualitatif dan jenis data kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Selain itu instrumen dalam penelitian yang diperlukan seperti modul ajar, lembar evaluasi, lembar observasi guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan, 1) hasil belajar kognitif peserta didik sebelum diterapkannya model Active Learning Tipe Role Reversal Question memperoleh nilai rata-rata 63 dengan ketuntasan klasikal sebesar 37% dengan kategori kurang. 2) Gambaran penerapan model Active Learning Tipe Role Reversal Question berjalan dengan lancar sesuai dengan tahapannya. Aktivitas peserta didik mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, pada siklus II pertemuan 2 diperoleh persentase 83% dengan kategori baik sekali. Dengan Demikian, tujuan penelitian tercapai. 3) Hasil belajar kognitif peserta didik setelah diterapkannya model Active Learning Tipe Role Reversal Question memperoleh nilai rata-rata 80 dengan ketuntasan klasikal 83%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Kognitif, Pendidikan Pancasila, Model Active Learning Tipe Role Reversal Question |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ilham Fadlil Naufal |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 07:07 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 07:07 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122131 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |