Upaya meningkatkan hasil belajar Kognitif Pendidikan Pancasila penggunakan Model Active Learning Tipe Role Reversal Question di MIN 1 Kota Bandung : Penelitian tindakan kelas di kelas IV MIN 1 Kota Bandung

Naufal, Ilham Fadlil (2025) Upaya meningkatkan hasil belajar Kognitif Pendidikan Pancasila penggunakan Model Active Learning Tipe Role Reversal Question di MIN 1 Kota Bandung : Penelitian tindakan kelas di kelas IV MIN 1 Kota Bandung. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIASI)
Keterangan Bebas Plagiasi.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (312kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan ditemukannya permasalahan mengenai hasil belajar kognitif peserta didik kelas IV MIN 1 Kota Bandung pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Hal ini dibuktikan dari hasil penilaian 30 peserta didik terdapat 13 peserta didik yang tuntas dari KKTP yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan menggunakan model Active Learning Tipe Role Reversal Question pada peserta didik kelas IV MIN 1 Kota Bandung. Active Learning Tipe Role reversal question merupakan kegiatan pembelajaran aktif yang menekankan pada aktivitas tanya jawab dengan pertukaran peran. Jika guru bertukar peran menjadi siswa maka guru mengajukan pertanyaan dan siswa mencoba menjawab pertanyaan. Begitupula sebaliknya, jika siswa yang mengajukan pertanyaan maka guru yang menjawab. Jenis pendekatan pada penelitian ini menggunakan mixed method. Jenis data menggunakan jenis data kualitatif dan jenis data kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Selain itu instrumen dalam penelitian yang diperlukan seperti modul ajar, lembar evaluasi, lembar observasi guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan, 1) hasil belajar kognitif peserta didik sebelum diterapkannya model Active Learning Tipe Role Reversal Question memperoleh nilai rata-rata 63 dengan ketuntasan klasikal sebesar 37% dengan kategori kurang. 2) Gambaran penerapan model Active Learning Tipe Role Reversal Question berjalan dengan lancar sesuai dengan tahapannya. Aktivitas peserta didik mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, pada siklus II pertemuan 2 diperoleh persentase 83% dengan kategori baik sekali. Dengan Demikian, tujuan penelitian tercapai. 3) Hasil belajar kognitif peserta didik setelah diterapkannya model Active Learning Tipe Role Reversal Question memperoleh nilai rata-rata 80 dengan ketuntasan klasikal 83%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Kognitif, Pendidikan Pancasila, Model Active Learning Tipe Role Reversal Question
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ilham Fadlil Naufal
Date Deposited: 25 Sep 2025 07:07
Last Modified: 25 Sep 2025 07:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122131

Actions (login required)

View Item View Item