Pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran bahasa Indonesia: Penelitian kuasi eksperimen kelas V MI Matla’ul Atfal Kota Bandung

Yuaibah, Yuaibah (2025) Pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran bahasa Indonesia: Penelitian kuasi eksperimen kelas V MI Matla’ul Atfal Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_Keterangan Bebas Plagiasi.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_Daftar Isi.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_Bab1 (11).pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text
6_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB) | Request a copy
[img] Text
7_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB) | Request a copy
[img] Text
8_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text
10_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas. V MI Matla’ul Atfal pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini dibuktikan melalui hasil pengujian awal yang menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa jauh dibawah standar ketuntasan minimal yaitu 75 (kelas VA: 57 dan kelas, VB:57). Salah satu penyebabnya diduga adalah kurangnya penggunaan model pembelajaran inovatif yang dapat membantu siswa memahami materi secara lebih konkret dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan dua model pembelajaran yang berbeda, yaitu reciprocal teaching dan cooperative learning. Secara khusus, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui:(1) hasil belajar siswa sebelum menggunakan model cooperative learning di kelas kontrol, (2) hasil belajar siswa sebelum menggunakan model reciprocal teaching di kelas eksperimen, (3) hasil belajar siswa setelah menggunakan model cooperative learning di kelas kontrol, (4) hasil belajar siswa setelah menggunakan model reciprocal teaching di kelas eksperimen dan (5) menganalisis perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model reciprocal teaching dengan yang menggunakan cooperative learning. Model pembelajaran merupakan model untuk meningkatkan pemahaman bacaan. model pembelajaran cooperative learning merupakan pembelajaran yang mengutamakan kerjasama antar siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Adapun Hasil belajar merupakan kemampuan yang dicapai siswa setelah melalui proses pembelajaran, yang mencakup perubahan dalam pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Penelitian ini menggunakan Pendekatan kuantitatif metode Quasi eksperimen desain nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yaitu observasi tes dan dokumentasi. Pada tes tulis untuk dapat mengukur hasil belajar siswa melalui pretest dan posttest pada Pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan (pretest) pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 57 dapat dikategorikan "kurang baik". Adapun hasil belajar kognitif siswa setelah diberikan perlakuan (posttest) pada kelas eksperimen adalah 81 dan kelas kontrol adalah 67 dapat dikelompokan sebagai kategori yang "Baik". Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata siswa kelas eksperimen sebesar 81 dan kelas kontrol sebesar 67 keduanya berada pada kategori sedang. Namun, kelas eksperimen memiliki hasil belajar yang lebih tinggi. Uji t menunjukkan nilai signifikansi yaitu .001 lebih kecil dari 0,05 maka hasil belajar pada aspek kognitif mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa setelah menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching berbeda dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran cooperative lerning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: model pembelajaran reciprocal teaching;model pembelajaran cooperative lerning;Hasil Belajar;Bahasa Indonesia.
Subjects: Elementary Education > Historical, Geographic, Person Treatment of Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuaibah yuyu yu
Date Deposited: 25 Sep 2025 07:45
Last Modified: 25 Sep 2025 07:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122154

Actions (login required)

View Item View Item