Penerapan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPS kelas VI di MIS Miftahul Falah 1 Bandung

Manik, Alda Sephia (2025) Penerapan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPS kelas VI di MIS Miftahul Falah 1 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa, yang terlihat pada hasil belajar siswa yang rendah. Rendahnya pemahaman konsep ini diduga karena pembelajaran yang cenderung berpusat pada guru dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menerapkan model ARIAS dan model direct instruction. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dengan bentuk desain yang dipakai yaitu non-equevalent control group desain. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas VI-A sebanyak 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VI-C sebanyak 26 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan independent t-test dengan taraf signifikansi 5% dengan hipotesis perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa antara yang menggunakan model ARIAS dengan yang menggunakan model direct instruction. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa setelah penerapan model ARIAS mengalami peningkatan sebesar 0,62 dengan kategori sedang. Kemampuan pemahaman konsep siswa setelah menggunakan model direct instruction mengalami peningkatan sebesar 0,46 dengan kategori sedang. Terdapat perbedaan rata-rata peningkatan antara kedua kelas yang dibuktikan dengan uji t-independent. Hasilnya menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001. Hal ini berarti 0,001 < 0,05 hipotesis diterima, artinya terdapat perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan pemahaman konsep antara yang menggunakan model ARIAS dan model direct instruction.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: ARIAS; Direct Instruction; Pemahaman Konsep; IPS;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: alda sephia manik
Date Deposited: 26 Sep 2025 01:54
Last Modified: 26 Sep 2025 01:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122163

Actions (login required)

View Item View Item