Manik, Alda Sephia (2025) Penerapan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPS kelas VI di MIS Miftahul Falah 1 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (331kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (37kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa, yang terlihat pada hasil belajar siswa yang rendah. Rendahnya pemahaman konsep ini diduga karena pembelajaran yang cenderung berpusat pada guru dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menerapkan model ARIAS dan model direct instruction. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dengan bentuk desain yang dipakai yaitu non-equevalent control group desain. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas VI-A sebanyak 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VI-C sebanyak 26 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan independent t-test dengan taraf signifikansi 5% dengan hipotesis perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa antara yang menggunakan model ARIAS dengan yang menggunakan model direct instruction. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa setelah penerapan model ARIAS mengalami peningkatan sebesar 0,62 dengan kategori sedang. Kemampuan pemahaman konsep siswa setelah menggunakan model direct instruction mengalami peningkatan sebesar 0,46 dengan kategori sedang. Terdapat perbedaan rata-rata peningkatan antara kedua kelas yang dibuktikan dengan uji t-independent. Hasilnya menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001. Hal ini berarti 0,001 < 0,05 hipotesis diterima, artinya terdapat perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan pemahaman konsep antara yang menggunakan model ARIAS dan model direct instruction.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ARIAS; Direct Instruction; Pemahaman Konsep; IPS; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | alda sephia manik |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 01:54 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 01:54 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122163 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |