Mahfud, Atiqah Ali Bukkar (2025) Respon anak terhadap pemberian punishment edukatif hubungannya dengan perilaku disiplin anak usia dini: Penelitian di Kelompok B RA Nurul Amal Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text (BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (427kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (581kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (569kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di Kelompok B RA Nurul Amal Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung, terdapat 20 anak yang merespon positif sedangkan 5 anak lainnya merespon negatif ketika diberikan punishment edukatif seperti anak yang menghiraukan pemberitahuan dari gurunya ketika datang terlambat ke sekolah, anak yang tetap ribut di kelas ketika diberikan teguran, dan anak yang masih mengobrol saat proses pembelajaran setelah diberi peringatan dengan pemberian hukuman edukatif. Sementara itu, perilaku disiplin yang ditunjukkan seluruh anak di Kelompok B terkadang masih kurang seperti anak yang datang terlambat, tidak ikut aturan kelas, mainan yang tidak dibereskan kembali, dan belum bisa bergiliran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Respon anak terhadap pemberian punishment edukatif di Kelompok B RA Nurul Amal Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung; (2) Perilaku disiplin anak usia dini di Kelompok B RA Nurul Amal Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung; dan (3) Hubungan antara respon anak terhadap pemberian punishment edukatif dengan perilaku disiplin anak usia dini di Kelompok B RA Nurul Amal Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Perilaku disiplin anak usia dini dapat ditanamkan melalui pembiasaan sekaligus pemberian penguatan dalam prosesnya. Salah satu bentuk penguatan yang berhubungan dengan perilaku disiplin ialah punishment edukatif. Sehingga, respon anak terhadap hal tersebut akan muncul, sebab respon merupakan tingkah laku yang ditunjukkan seseorang setelah mendapatkan stimulus. Maka, hipotesis yang diajukan yaitu semakin tinggi respon anak terhadap pemberian punishment edukatif, semakin tinggi pula perilaku disiplin anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional dan alat uji perhitungannya menggunakan statistik deskriptif. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 25 anak di Kelompok B RA Nurul Amal Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara (bercakap-cakap) dan studi dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa respon anak terhadap pemberian punishment edukatif memperoleh nilai rata-rata sebesar 83 dengan kategori sangat baik. Perilaku disiplin anak usia dini memperoleh nilai rata-rata sebesar 82 dengan kategori sangat baik. Hubungan antara kedua variabel memperoleh rhitung sebesar 0,75 dengan kategori kuat. Adapun hasil uji hipotesis menunjukkan thitung = 5,45 > ttabel = 2,069. Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat hubungan positif yang signifikan antara respon anak terhadap pemberian punishment edukatif dengan perilaku disiplin anak usia dini di Kelompok B RA Nurul Amal Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Kontribusi mengenai respon anak terhadap pemberian punishment edukatif sebesar 56,25%. Artinya terdapat 43,75% perilaku disiplin anak usia dini di Kelompok B RA Nurul Amal Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Respon anak; Punishment edukatif; Perilaku disiplin anak usia dini |
Subjects: | Causation Social Welfare, Problems and Services Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Atiqah Ali Bukkar Mahfud |
Date Deposited: | 29 Sep 2025 08:15 |
Last Modified: | 29 Sep 2025 08:15 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122291 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |