Maulida, Julia Nur (2025) Pengelolaan pembelajaran berbasis Self Regulated Learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa: Penelitian di SMP Mutiara Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (578kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (997kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Fenomena rendahnya motivasi dan kemandirian belajar siswa di tingkat Sekolah Menengah Pertama menunjukkan pentingnya strategi pembelajaran yang mampu menumbuhkan kesadaran dan tanggung jawab belajar secara mandiri. Banyak siswa masih bergantung pada guru, kesulitan dalam mengelola waktu dan tujuan belajar, serta belum terbiasa melakukan evaluasi diri dan mencari informasi secara aktif. Kondisi ini berdampak pada rendahnya inisiatif belajar, kurangnya kontrol diri, serta lemahnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, dibutuhkan pendekatan pembelajaran yang dapat membekali siswa dengan keterampilan regulasi diri melalui penerapan Self Regulated Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengelolaan pembelajaran berbasis Self Regulated Learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, dengan fokus pada lima komponen utama: self-evaluation, goal setting and planning, seeking information, environmental structuring, dan self-consequeting. Kerangka teori mengacu pada pendekatan Self Regulated Learning dari Zimmerman dan teori motivasi ARCS dari Teori Keller. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi serta angket yang menjadi data pendukung, kemudian dianalisis secara deskriptif melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran berbasis Self Regulated Learning di SMP Mutiara Bunda Kota Bandung telah terlaksana dengan cukup baik. Hal ini tercermin dari integrasi nilai-nilai Self Regulated Learning dalam proses pembelajaran dan program sekolah, khususnya melalui Proposal of My Life yang membantu siswa menyusun tujuan hidup dan meningkatkan motivasi belajar. Komponen goal setting and planning serta seeking information memberikan kontribusi paling besar terhadap motivasi, terlihat dari kemampuan siswa merancang target dan mencari informasi secara mandiri. Pada aspek self-evaluation, sebagian siswa telah mulai melakukan refleksi dan mengenali kelebihan maupun kekurangan diri, meskipun belum merata. Adapun environmental structuring menunjukkan adanya upaya siswa menciptakan lingkungan belajar yang mendukung, namun penerapannya masih perlu ditingkatkan. Sementara itu, self-consequeting merupakan aspek yang masih perlu ditingkatkan, karena siswa belum terbiasa memberikan konsekuensi atau penguatan terhadap capaian belajar. Dukungan kepala sekolah dan guru menjadi faktor kunci keberhasilan penerapan Self Regulated Learning, melalui pembiasaan, pendampingan, dan keteladanan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan Pembelajaran; Self Regulated Learning; Motivasi Belajar |
Subjects: | Education General Management > Education, Research of Management |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Nur Maulida Julia |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 07:27 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 07:27 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122308 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |