Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi energi alternatif

Fajriyani, Nur Salsabila (2025) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi energi alternatif. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (467kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (905kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (824kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran berbasis masalah, dan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran berbasis masalah pada materi energi alternatif. Metode penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas X SMAN 1 Bojongmangu dengan sampel penelitian dua kelas yakni kelas X MIPA 1 berjumlah 35 peserta didik (kelas kontrol), dan kelas X MIPA 2 berjumlah 35 peserta didik (kelas eksperimen). Instrumen penelitian yang digunakan adalah modul ajar, Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis pada Authentic Assesment Based on Teaching and Learning Trajectory with Student Activity Sheet (AABTLT with SAS), dan juga pretest-posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji n-gain, uji tpaired sample test. Hasil penelitian diperoleh bahwa : 1) Implementasi pembelajaran melalui model PBL pada materi energi alternatif menunjukkan rata-rata persentase keterlaksanaan sebesar 82,5% dengan kategori efektif. 2) Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung = 10,955 > t tabel = 1,995 menegaskan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis yang signifikan pada peserta didik setelah mengikuti pembelajaran berbasis PBL pada materi energi alternatif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning; keterampilan berpikir kritis; energi alternatif
Subjects: Economic of Land and Energy > Natural Resources and Energy, Environment
Classical Mechanics, Solid Mechanics > Energy
Applied Physics > Energy Engineering
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Nur Salsabila Fajriyani
Date Deposited: 29 Sep 2025 02:55
Last Modified: 29 Sep 2025 07:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122341

Actions (login required)

View Item View Item