Fajriyani, Nur Salsabila (2025) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi energi alternatif. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (467kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (727kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (905kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (824kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran berbasis masalah, dan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran berbasis masalah pada materi energi alternatif. Metode penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas X SMAN 1 Bojongmangu dengan sampel penelitian dua kelas yakni kelas X MIPA 1 berjumlah 35 peserta didik (kelas kontrol), dan kelas X MIPA 2 berjumlah 35 peserta didik (kelas eksperimen). Instrumen penelitian yang digunakan adalah modul ajar, Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis pada Authentic Assesment Based on Teaching and Learning Trajectory with Student Activity Sheet (AABTLT with SAS), dan juga pretest-posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji n-gain, uji tpaired sample test. Hasil penelitian diperoleh bahwa : 1) Implementasi pembelajaran melalui model PBL pada materi energi alternatif menunjukkan rata-rata persentase keterlaksanaan sebesar 82,5% dengan kategori efektif. 2) Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung = 10,955 > t tabel = 1,995 menegaskan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis yang signifikan pada peserta didik setelah mengikuti pembelajaran berbasis PBL pada materi energi alternatif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning; keterampilan berpikir kritis; energi alternatif |
Subjects: | Economic of Land and Energy > Natural Resources and Energy, Environment Classical Mechanics, Solid Mechanics > Energy Applied Physics > Energy Engineering |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Nur Salsabila Fajriyani |
Date Deposited: | 29 Sep 2025 02:55 |
Last Modified: | 29 Sep 2025 07:29 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122341 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |