Pitri, Cici (2025) Pengembangan media pembelajaran video berbasis aplikasi CapCut pada materi fluida statis untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text (SKBEBASPLAGIARSM)
3_skbebasplagiarsm.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (396kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (833kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (465kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (544kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kelayakan media pembelajaran video berbasis aplikasi CapCut, (2) menganalisis keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media pembelajaran video CapCut, (3) menganalisis peningkatan hasil belajar peserta kognitif peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Tahap implementasi menggunakan desain one group pretest-posttest design dengan sampel penelitian merupakan peserta didik kelas XI MIPA yang berjumlah 20 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi media, lembar observasi, tes peningkatan hasil belajar. Kelayakan media pembelajaran dianalisis menggunakan indeks validitas Gregory, perbedaan hasil belajar kognitif peserta didik dianalisis dengan menghitung skor N-gain, dan keterlaksanaan pembelajaran terhadap media dianalisis dengan interpretasi dari persentase. Hasil penelitian yang didapat antara lain, (1) media pembelajaran video berbasis aplikasi CapCut sangat layak digunakan dengan indeks validitas Gregory sebesar 0,972; (2) keterlaksanaan pembelajaran memperoleh persentase 83,9 % dengan interpretasi sangat efektif; (3) terdapat peningkatan hasil belajar kognitif sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran video berbasis aplikasi CapCut dengan skor N-gain rata-rata sebesar 0,51 dan termasuk dalam kategori sedang; dan (4) peserta didik memberikan respon positif terhadap media pembelajaran video berbasis aplikasi CapCut dengan persentase 79% dan diinterpretasikan baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar kognitif; fluida statis |
Subjects: | Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Cici Pitri |
Date Deposited: | 29 Sep 2025 04:27 |
Last Modified: | 29 Sep 2025 04:27 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122397 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |