Pengembangan media pembelajaran video berbasis aplikasi CapCut pada materi fluida statis untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik

Pitri, Cici (2025) Pengembangan media pembelajaran video berbasis aplikasi CapCut pada materi fluida statis untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SKBEBASPLAGIARSM)
3_skbebasplagiarsm.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (833kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kelayakan media pembelajaran video berbasis aplikasi CapCut, (2) menganalisis keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media pembelajaran video CapCut, (3) menganalisis peningkatan hasil belajar peserta kognitif peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Tahap implementasi menggunakan desain one group pretest-posttest design dengan sampel penelitian merupakan peserta didik kelas XI MIPA yang berjumlah 20 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi media, lembar observasi, tes peningkatan hasil belajar. Kelayakan media pembelajaran dianalisis menggunakan indeks validitas Gregory, perbedaan hasil belajar kognitif peserta didik dianalisis dengan menghitung skor N-gain, dan keterlaksanaan pembelajaran terhadap media dianalisis dengan interpretasi dari persentase. Hasil penelitian yang didapat antara lain, (1) media pembelajaran video berbasis aplikasi CapCut sangat layak digunakan dengan indeks validitas Gregory sebesar 0,972; (2) keterlaksanaan pembelajaran memperoleh persentase 83,9 % dengan interpretasi sangat efektif; (3) terdapat peningkatan hasil belajar kognitif sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran video berbasis aplikasi CapCut dengan skor N-gain rata-rata sebesar 0,51 dan termasuk dalam kategori sedang; dan (4) peserta didik memberikan respon positif terhadap media pembelajaran video berbasis aplikasi CapCut dengan persentase 79% dan diinterpretasikan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar kognitif; fluida statis
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Cici Pitri
Date Deposited: 29 Sep 2025 04:27
Last Modified: 29 Sep 2025 04:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122397

Actions (login required)

View Item View Item