Suhendra, Asti Rama Widi (2025) Pengembangan game edukasi Bitbloo game : Buffer in blood berorientasi literasi kimia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
5_bab1.pdf Download (449kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (496kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (423kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 5)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman peserta didik terhadap konsep sistem buffer dalam darah, yang berdampak pada keterbatasan kemampuan literasi kimia. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Bitbloo Game : Buffer in Blood sebagai media pembelajaran interaktif yang berorientasi pada literasi kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah Reaseacrh and Development (R&D) dengan model ADDIE yang dimodifikasi menjadi analysis, design, dan development. Subjek penelitian terdiri dari 15 peserta didik kelas XI SMKN 2 Cilaku Cianjur. Instrumen penelitian meliputi angket validasi dan angket kelayakan game edukasi. Hasil validasi ahli memperoleh rata-rata 0,87, dan uji kelayakan oleh pengguna mencapai rata-rata 90,38%. Dengan demikian, Bitbloo Game tergolong valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran inovatif yamg berorientasi literasi kimia, khususnya pada topik buffer dalam darah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game Edukasi; Literasi Kimia; Larutan Buffer; Media Pembelajaran |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Asti Rama Widi Suhendra |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 01:23 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 01:23 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122450 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |