Pengembangan game edukasi Bitbloo game : Buffer in blood berorientasi literasi kimia

Suhendra, Asti Rama Widi (2025) Pengembangan game edukasi Bitbloo game : Buffer in blood berorientasi literasi kimia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
5_bab1.pdf

Download (449kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman peserta didik terhadap konsep sistem buffer dalam darah, yang berdampak pada keterbatasan kemampuan literasi kimia. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Bitbloo Game : Buffer in Blood sebagai media pembelajaran interaktif yang berorientasi pada literasi kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah Reaseacrh and Development (R&D) dengan model ADDIE yang dimodifikasi menjadi analysis, design, dan development. Subjek penelitian terdiri dari 15 peserta didik kelas XI SMKN 2 Cilaku Cianjur. Instrumen penelitian meliputi angket validasi dan angket kelayakan game edukasi. Hasil validasi ahli memperoleh rata-rata 0,87, dan uji kelayakan oleh pengguna mencapai rata-rata 90,38%. Dengan demikian, Bitbloo Game tergolong valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran inovatif yamg berorientasi literasi kimia, khususnya pada topik buffer dalam darah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi; Literasi Kimia; Larutan Buffer; Media Pembelajaran
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Asti Rama Widi Suhendra
Date Deposited: 30 Sep 2025 01:23
Last Modified: 30 Sep 2025 01:23
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122450

Actions (login required)

View Item View Item