Dewi, Hani Puspita (2025) Penerapan metode silaba untuk meningkatkan kemampuan mmembaca permulaan siswa kelas II MI Najmul Falah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
cover.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text (BEBAS PLAGIARISM)
SURAT KETERANGAN LULUS PLAGIASI Hani Puspita Dewi.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
bab 1.pdf Download (384kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
dapus.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
lampiran .pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa kelas II MI Najmul Falah Kabupaten Bandung. Hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas menunjukkan bahwa dari 25 masih terdapat siswa yang belum mampu membaca dengan lancar, terbata-bata. Kesulitan ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya adalah kurangnya variasi metode pembelajaran yang digunakan serta minimnya media pendukung dalam proses belajar mengajar.Tujuan dari penelitian ini adalah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menerapkan metode Silaba.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data meliputi unjuk kerja, observasi, dan dokumentasi, dengan analisis data berupa nilai rata-rata, ketuntasan individu, ketuntasan klasikal, serta aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa dalam setiap siklus. Pada pra-siklus, nilai rata-rata siswa hanya mencapai 48 dengan ketuntasan klasikal sebesar 36%.Setelah tindakan dilakukan, hasil meningkat menjadi 69 dengan ketuntasan 64% pada siklus I dan naik mencapai 81 dengan ketuntasan 80% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Silaba dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas II MI Najmul Falah Kabupaten Bandung.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Silaba; Membaca Permulaan; Bahasa Indonesia |
Subjects: | Elementary Education Elementary Education > Reading |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Hani Puspita |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 01:45 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 01:45 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122547 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |