Penerapan metode silaba untuk meningkatkan kemampuan mmembaca permulaan siswa kelas II MI Najmul Falah

Dewi, Hani Puspita (2025) Penerapan metode silaba untuk meningkatkan kemampuan mmembaca permulaan siswa kelas II MI Najmul Falah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BEBAS PLAGIARISM)
SURAT KETERANGAN LULUS PLAGIASI Hani Puspita Dewi.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
bab 1.pdf

Download (384kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
dapus.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
lampiran .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa kelas II MI Najmul Falah Kabupaten Bandung. Hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas menunjukkan bahwa dari 25 masih terdapat siswa yang belum mampu membaca dengan lancar, terbata-bata. Kesulitan ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya adalah kurangnya variasi metode pembelajaran yang digunakan serta minimnya media pendukung dalam proses belajar mengajar.Tujuan dari penelitian ini adalah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menerapkan metode Silaba.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data meliputi unjuk kerja, observasi, dan dokumentasi, dengan analisis data berupa nilai rata-rata, ketuntasan individu, ketuntasan klasikal, serta aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa dalam setiap siklus. Pada pra-siklus, nilai rata-rata siswa hanya mencapai 48 dengan ketuntasan klasikal sebesar 36%.Setelah tindakan dilakukan, hasil meningkat menjadi 69 dengan ketuntasan 64% pada siklus I dan naik mencapai 81 dengan ketuntasan 80% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Silaba dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas II MI Najmul Falah Kabupaten Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Silaba; Membaca Permulaan; Bahasa Indonesia
Subjects: Elementary Education
Elementary Education > Reading
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hani Puspita
Date Deposited: 01 Oct 2025 01:45
Last Modified: 01 Oct 2025 01:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122547

Actions (login required)

View Item View Item