Perbandingan model pembelajaran SSCS dengan model Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi jaringan hewan

Nurizkia, Sopia (2025) Perbandingan model pembelajaran SSCS dengan model Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi jaringan hewan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BEBAS PLAGIARISME)
3_ Bebas Plagiarisme.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_Daftar Isi.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_BAB I.pdf

Download (956kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
7_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
8_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
9_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (846kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38MB)

Abstract

Keterampilan berpikir kritis ini sangat penting pada masa kini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan model Pembelajaran Search, Solve, Create, And Share (SSCS) dengan Model Problem Based Learning (PBL). Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan pretest posttest control group design. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar observasi, soal berindikator berpikir kritis, dan angket kendala. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik baik pada kelas3 SSCS maupun pada kelas PBL mencapai kriteria sangat baik. Pada kelas yang menggunakan model SSCS ini nilai pretest 37,64 dan posttest 89,56 serta nilai N-gain sebesar 0,8 dengan kategori “Tinggi” Sedangkan pada kelas yang menggunakan model PBL nilai pretest 44,33 dan posttest 83,66 serta nilai N-gain sebesar 0,7 dengan kategori “Sedang”. Hasil uji hipotesis menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan keterampilan berpikir kritis yang menggunakan model SSCS dan model PBL pada materi jaringan hewan dengan t hitung sebesar 2,05 > t tabel (2,03), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kendala peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan model SSCS memperoleh 21% peserta didik mengalami kendala. Sedangkan pada kelas PBL memperoleh 18% peserta didik yang mengalami kendala. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan perbedaan keterampilan berpikir kritis yang menggunakan model SSCS dan model PBL pada materi jaringan hewan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model SSCS; Model PBL; Keterampilan Berpikir Kritis
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Sopia Nurizkia
Date Deposited: 01 Oct 2025 06:32
Last Modified: 01 Oct 2025 06:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122626

Actions (login required)

View Item View Item