Pengaruh model pembelajaran sinektik terhadap kemampuan berpikir kreatif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia

Ismatul Maula, Sifa (2025) Pengaruh model pembelajaran sinektik terhadap kemampuan berpikir kreatif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pernyataan Karya Sendiri_Sifa Ismatul Maula.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (365kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan yang terjadi di kelas IV MIS Al-Misbah Bandung yaitu rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan, didapat rata-rata nilai berpikir kreatif kelas A 45, kelas B 47. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum diterapkannya Model pembelajaran Sinektik, membandingkan proses pembelajaran Bahasa Indonesia antara kelas yang menggunakan model Sinektik dan yang menggunakan model konvensional. Pengaruh model pembelajaran Sinektik terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV/Fase B di MIS Al-Misbah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen jenis nonequivalent control group design. Subjek penelitian berjumlah 40 siswa, terdiri dari 20 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Hasil pretest menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen adalah 63, kelas kontrol 55. Setelah diterapkan model pembelajaran Sinektik selama tiga pertemuan, nilai rata-rata posttest siswa kelas eksperimen meningkat menjadi 78,85, sedangkan kelas kontrol hanya mencapai 65,35. Uji normalitas menunjukkan data kelas eksperimen tidak berdistribusi normal (Sig. = 0,007), kelas kontrol berdistribusi normal (Sig. = 0,060). Maka dari itu uji Mann Whitney yang menunjukkan hasil signifikansi 0,001 < 0,05, terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelas. Jadi model pembelajaran Sinektik terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini kemampuan berpikir kreatif siswa. Namun, penelitian ini memberikan kontribusi baru dengan menunjukkan efektivitasnya di lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Sinektik; Kemampuan Berpikir Kreatif; Bahasa Indonesia
Subjects: Education and Research of History
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sifa Ismatul Maula
Date Deposited: 01 Oct 2025 04:33
Last Modified: 02 Oct 2025 02:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122630

Actions (login required)

View Item View Item