Hubungan bulying dengan motivasi belajar pada peserta didik kelas IV di Madrasah Ibtidaiyyah Swasta Al Ishlah Panugaran

Nurjanah, Leli (2025) Hubungan bulying dengan motivasi belajar pada peserta didik kelas IV di Madrasah Ibtidaiyyah Swasta Al Ishlah Panugaran. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1-cover.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SUKET BEBAS PLAGIASI)
SURAT KETERANGAN LULUS PLAGIASI Leli Nurjanah.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftar isi.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (427kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text (LAMPIRAM)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Bullying merupakan perilaku agresif yang masih sering terjadi di lingkungan sekolah dasar dan berpotensi mengganggu kenyamanan serta motivasi peserta didik dalam belajar. Permasalahan dalam penelitian ini berfokus pada hubungan antara tingkat bullying yang dialami peserta didik dengan motivasi belajar di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara perilaku bullying dengan motivasi belajar peserta didik kelas IV di MIS Al Ishlah Panugaran. Berdasarkan kerangka berpikir, bullying diduga ada hubungannya terhadap motivasi belajar, karena tekanan sosial dan emosional yang ditimbulkan dapat menurunkan semangat dan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, diajukan hipotesis alternatif (H₁) bahwa terdapat hubungan antara bullying dan motivasi belajar pada peserta didik kelas IV di MIS Al Ishlah Panugaran, sedangkan hipotesis nol (H₀) tidak terdapat hubungan antara bullying dengan motivasi belajar pada peserta didik kelas IV di MIS Al Ishlah Panugaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV MI Al Islah Panugaran yang berjumlah 35 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket bullying dan motivasi belajar, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji korelasi Spearman karena data berskala ordinal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat bullying dan motivasi belajar peserta didik sama-sama berada pada kategori sedang. Meskipun demikian, hasil uji korelasi Spearman menunjukkan adanya hubungan yang kuat dan signifikan, dengan nilai r hitung 0,774 > r tabel 0,334 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat bullying maka semakin rendah motivasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: bullying; motivasi belajar
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Leli leli nurjanah
Date Deposited: 02 Oct 2025 03:24
Last Modified: 02 Oct 2025 03:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122689

Actions (login required)

View Item View Item