Nurjanah, Leli (2025) Hubungan bulying dengan motivasi belajar pada peserta didik kelas IV di Madrasah Ibtidaiyyah Swasta Al Ishlah Panugaran. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1-cover.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text (SUKET BEBAS PLAGIASI)
SURAT KETERANGAN LULUS PLAGIASI Leli Nurjanah.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftar isi.pdf Download (485kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (427kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (554kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (795kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAM)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Bullying merupakan perilaku agresif yang masih sering terjadi di lingkungan sekolah dasar dan berpotensi mengganggu kenyamanan serta motivasi peserta didik dalam belajar. Permasalahan dalam penelitian ini berfokus pada hubungan antara tingkat bullying yang dialami peserta didik dengan motivasi belajar di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara perilaku bullying dengan motivasi belajar peserta didik kelas IV di MIS Al Ishlah Panugaran. Berdasarkan kerangka berpikir, bullying diduga ada hubungannya terhadap motivasi belajar, karena tekanan sosial dan emosional yang ditimbulkan dapat menurunkan semangat dan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, diajukan hipotesis alternatif (H₁) bahwa terdapat hubungan antara bullying dan motivasi belajar pada peserta didik kelas IV di MIS Al Ishlah Panugaran, sedangkan hipotesis nol (H₀) tidak terdapat hubungan antara bullying dengan motivasi belajar pada peserta didik kelas IV di MIS Al Ishlah Panugaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV MI Al Islah Panugaran yang berjumlah 35 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket bullying dan motivasi belajar, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji korelasi Spearman karena data berskala ordinal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat bullying dan motivasi belajar peserta didik sama-sama berada pada kategori sedang. Meskipun demikian, hasil uji korelasi Spearman menunjukkan adanya hubungan yang kuat dan signifikan, dengan nilai r hitung 0,774 > r tabel 0,334 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat bullying maka semakin rendah motivasi belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bullying; motivasi belajar |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Elementary Education > Elementary Education in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Leli leli nurjanah |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 03:24 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 03:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122689 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |