Komunikasi terapeutik KH. Abdullah Gymnastiar dalam pengajian tauhid di media sosial Youtube

Kurniawan, Kun Kun (2025) Komunikasi terapeutik KH. Abdullah Gymnastiar dalam pengajian tauhid di media sosial Youtube. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER REVISI FIX.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK UPLOAD.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
Bukti Turnitin.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI UPLOAD.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I UPLOAD.pdf

Download (418kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II UPLOAD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III UPLOAD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV UPLOAD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V UPLOAD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA UPLOAD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)

Abstract

Pentingnya komunikasi terapeutik dalam penelitian ini didasari oleh fenomena masyarakat modern yang mengalami peningkatan gangguan kesehatan mental dan penyakit spiritual. Akibat dari tekanan hidup dan krisis makna, dibutuhkan pendekatan dakwah yang tidak hanya menyampaikan pesan agama, tetapi juga mampu memberikan dukungan emosional dan spiritual bagi jamaah. Tujuan penelitian ini yakni untuk Menganalisis Bagaimana Konten Digital tentang Terapeutik pada Pengajian Tauhid KH. Abdullah Gymnastiar di Media Sosial YouTube dan Menganalisis Bagaimana Komunikasi Terapeutik KH. Abdullah Gymnastiar dalam Pengajian Tauhid di Media Sosial YouTube, berdasarkan teknik pendekatan dalam komunikasi terapeutik menurut Paul L. Wachtel yaitu building on the patient’s strengths, affirmation, change, attribution, suggestion, reframing, relabeling, serta paradox. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif dan metode analisis isi, sehingga termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi literatur, dokumentasi terhadap sepuluh video ceramah, serta observasi nonpartisipan terhadap sepuluh video ceramah yang ditayangkan melalui platform media sosial Aagym Official dan MQTV Official. Teknik analisis data meliputi proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, yang dilengkapi dengan penerapan teknik keabsahan data untuk memastikan validitas hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi terapeutik KH. Abdullah Gymnastiar dalam pengajian tauhid di media sosial YouTube merupakan bentuk dakwah yang tidak sekadar menyampaikan pesan keagamaan, tetapi juga memberikan ketenangan batin dan penguatan spiritual. Setiap ceramah memadukan berbagai teknik pendekatan komunikasi terapeutik, sehingga dakwah yang disampaikan terasa membimbing, menyentuh, dan sesuai dengan realitas kehidupan sehari-hari. Pendekatan ini membentuk ruang dakwah yang transformatif, dengan daya jangkau pada dimensi emosional jamaah, sehingga mampu menghadirkan ketenteraman batin sekaligus memperkuat aspek spiritualitas. Melalui gaya komunikasi yang sederhana, empatik, dan sarat makna, dakwah tidak hanya menciptakan suasana religius yang meneduhkan, tetapi juga menumbuhkan kesadaran reflektif, mendorong perubahan sikap ke arah yang lebih konstruktif, serta memperkokoh nilai-nilai tauhid sebagai landasan fundamental dalam kehidupan beragama.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Terapeutik; Komunikasi Dakwah; Konten Digital
Subjects: Islam > Da'wah
Communications Telemunications
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Kun Kun Kurniawan
Date Deposited: 09 Oct 2025 04:23
Last Modified: 09 Oct 2025 04:23
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122705

Actions (login required)

View Item View Item