Model pembelajaran inquiry untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada Materi Gerak Harmonik Sederhana

Putri, Fuzi Nurfauziah Sugiharto (2025) Model pembelajaran inquiry untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada Materi Gerak Harmonik Sederhana. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fisika, khususnya pada materi Gerak Harmonik Sederhana. Penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen one group pretest-posttest ini dilaksanakan di MAN 2 Majalengka. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA yang dipilih untuk menjadi sampel penelitian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran inquiry memberikan pengaruh signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik. Peningkatan yang terukur dari skor pretest ke posttest menunjukkan efektivitas model ini dalam memfasilitasi pemahaman konsep. Pada aspek motivasi, rata-rata skor angket juga mengalami peningkatan meskipun relatif kecil. Rata-rata nilai hasil belajar meningkat dari 58,58 pada pretest menjadi 85,91 pada posttest, dengan N-Gain sebesar 0,66 yang termasuk kategori sedang. Selain itu, ditemukan adanya hubungan positif antara motivasi dan hasil belajar dengan koefisien korelasi sebesar 0,319 (rendah). Hal ini mengindikasikan bahwa peningkatan hasil belajar tidak selalu berbanding lurus dengan peningkatan motivasi pada seluruh peserta didik. Dengan demikian, model pembelajaran inquiry dapat menjadi alternatif yang efektif, namun perlu didukung oleh strategi lain yang secara khusus menumbuhkan motivasi, seperti pemberian tantangan yang sesuai dan penekanan pada kebermaknaan materi. Pendekatan ini diharapkan mampu mengintegrasikan peningkatan hasil belajar dengan motivasi yang berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran inquiry; Motivasi; Hasil Belajar; Gerak Harmonik Sederhana
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Fuzi Nurfauziah Sugiharto Putri
Date Deposited: 06 Oct 2025 03:10
Last Modified: 06 Oct 2025 03:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122720

Actions (login required)

View Item View Item