Aktivitas peserta didik mengikuti kegiatan mujawwad hubungannya dengan kemampuan membaca Al-Qur'an: Penelitian korelasional terhadap peserta didik kelas VII SMP Plus Al-Aitaam Kabupaten Bandung

Rahman, Guspiyar (2025) Aktivitas peserta didik mengikuti kegiatan mujawwad hubungannya dengan kemampuan membaca Al-Qur'an: Penelitian korelasional terhadap peserta didik kelas VII SMP Plus Al-Aitaam Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (345kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas kegiatan mujawwad yang telah dilaksanakan secara optimal di SMP Plus Al-Aitaam Kabupaten Bandung. Pembina sudah menjalankan kegiatan tersebut secara baik dan sudah dilaksanakan sesuai prosedur. Mestinya hal tersebut menghasilkan peserta didik yang terampil dalam membaca Al-Qur’an. Namun pada kenyataannya masih ditemukan bacaan dari sebagian peserta didik yang belum sesuai dengan irama mujawwad dan pelafalannya masih terdapat beberapa yang kurang sesuai dengan makhrojnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) realitas aktivitas peserta didik mengikuti kegiatan mujawwad, 2) kemampuan peserta didik membaca Al-Qur’an di SMP Plus Al-Aitaam Kabupaten Bandung, dan 3) hubungan antara aktivitas peserta didik dalam kegiatan mujawwad dengan kemampuan mereka membaca Al-Qur’an di SMP Plus Al-Aitaam Kabupaten Bandung. Penelitian ini berangkat dari teori bahwa aktivitas belajar merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran. Kegiatan mujawwad merupakan bentuk aktivitas yang dapat meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah bahwa aktivitas peserta didik dalam mengikuti kegiatan mujawwad memiliki hubungan yang signifikan dengan kemampuan membaca Al-Qur’an secara baik dan benar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, tes, wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis parsial, uji normalitas data, penafsiran variabel, analisis korelasi dan pengaruh, berisi: uji linearitas, uji korelasi product moment, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) aktivitas peserta didik mengikuti kegiatan mujawwad di SMP Plus Al-Aitaam Kabupaten Bandung termasuk pada kategori sedang dengan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 3,29, 2) kemampuan peserta didik membaca Al-Qur’an di SMP Plus Al-Aitaam Kabupaten Bandung termasuk pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 4,20 dan 3) hubungan antara aktivitas peserta didik mengikuti kegiatan mujawwad dengan kemampuan mereka membaca Al-Qur’an di SMP Plus Al-Aitaam Kabupaten Bandung positif dan signifikan. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil uji korelasi product moment dengan diperoleh nilai rxy sebesar 0,393 dengan interpretasi rendah. Diperoleh pula nilai thitung (2,26) > ttabel (2,048) sehingga hipotesis (Ha) diterima. Diperoleh pula nilai R sebesar 0,393 dari uji koefisien determinasi artinya aktivitas peserta didik mengikuti kegiatan mujawwad memiliki kontribusi sebesar 39,3% terhadap kemampuan peserta didik membaca Al-Qur’an dan sisanya 60,7% dipengaruhi oleh variabel lain selain variabel pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas peserta didik;kegiatan mujawwad;kemampuan membaca Al-Qur'an; penelitian korelasional; SMP Plus Al-Aitaam
Subjects: Education, Research
Religious Education
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Guspiyar Rahman
Date Deposited: 03 Oct 2025 07:25
Last Modified: 03 Oct 2025 07:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122748

Actions (login required)

View Item View Item