Zahro, Hilma Fatimatul (2025) Internalisasi nilai nilai moderasi beragama dalam pendidikan Islam serta dampak terhadap perilaku sosial di SMA Mekar Arum. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
2_ABSTRAK (1).pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
Surat Pernyataan (3).pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
4_Darftar isi.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
5_BAB 1.pdf Download (4MB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (682kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_ DAPUS.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Terdapat berbagai persoalan yang kita temukan dalam dunia sosial yang harus diselesaikan oleh pendidikan sebagai kontrol sosial ditengah masyarakat Indonesia yang majemuk. Pertama adalah aksi radikal dan terorisme. Kedua, konflik kemanusiaan yang terjadi akibat perbedaan cara pandang. Ketiga, diskriminasi dalam dunia pendidikan. Penelitian yang dilakukan dengan begitu tujuan yang diharapkan daripenelitian ini adalah mencari tahu: 1) Nilai-nilai moderasi beragama di sekolahMekar Arum. 2) Proses internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalampendidikan di SMA Mekar Arum. 3) Dampak dari penelitian penerapan nilai-nilai yang bersifat beragama terhadap perilaku sosial di lingkungan SMA Mekar Arum. Mengacu pada penyebaran narasi Moderasi Beragama menurut Kementerian Agama berdasarkan naskah yang disusun Kemenag. Moderasi beragama itu merupakan sikap dari penganut agama yang dapat memposisikan pengamalan agama sendiri dan saling menghormati kepada pengamalan ibadah orang lain termasuk dengan yang berbeda agama, yang dapat di Internalisasikan dalam dunia Pendidikan Adapun metodologi penelitiannya menggunakan pendekatan Mixmethode dengan metode dan teknik penelitian wawancara, observasi dan angket yang melibatkan seluruh stakeholder yang ada di sekolah. Yang dilibatkan dalam proses wawancara adalah wakil kepala sekolah, Pendidik dan peserta didik. Observasi dilakukan dalam proses pembelajaran dan juga kegiatan harian, mingguan, bulanan dan tahunan yang diadakan disekolah SMA Mekar Arum,serta angket yan disebarkan kesiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) terdapat nilai-nilai moderasi beragama yang diinternalisasikan dalam pendidikan di SMA Mekar Arum mencakup nilai toleransi, musyawarah, anti kekerasan, cinta tanah air dan ramah budaya. 2) Nilainilai moderasi beragama dalam pendidikan di SMA Mekar Arum diinternalisasikan melalui tahapan transformasi nilai, transaksi nilai dan transinternalisasi nilai. 3) Terdapat dampak dari internalisasi nilai-nilai moderasi beragama terhadap perilaku sosial siswa dengan t hitung sebesar 1,96.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | moderasi; pendidikan ; beragama ; soisal |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Special Education Adult Education > Adult Education in Indonesia |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fatimatul Zahroh Hilma |
Date Deposited: | 03 Oct 2025 01:27 |
Last Modified: | 03 Oct 2025 08:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122767 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |