Internalisasi nilai nilai moderasi beragama dalam pendidikan Islam serta dampak terhadap perilaku sosial di SMA Mekar Arum

Zahro, Hilma Fatimatul (2025) Internalisasi nilai nilai moderasi beragama dalam pendidikan Islam serta dampak terhadap perilaku sosial di SMA Mekar Arum. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_ABSTRAK (1).pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
Surat Pernyataan (3).pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_Darftar isi.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_BAB 1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
6_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB) | Request a copy
[img] Text
7_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text
8_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text
10_ DAPUS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text
11_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Terdapat berbagai persoalan yang kita temukan dalam dunia sosial yang harus diselesaikan oleh pendidikan sebagai kontrol sosial ditengah masyarakat Indonesia yang majemuk. Pertama adalah aksi radikal dan terorisme. Kedua, konflik kemanusiaan yang terjadi akibat perbedaan cara pandang. Ketiga, diskriminasi dalam dunia pendidikan. Penelitian yang dilakukan dengan begitu tujuan yang diharapkan daripenelitian ini adalah mencari tahu: 1) Nilai-nilai moderasi beragama di sekolahMekar Arum. 2) Proses internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalampendidikan di SMA Mekar Arum. 3) Dampak dari penelitian penerapan nilai-nilai yang bersifat beragama terhadap perilaku sosial di lingkungan SMA Mekar Arum. Mengacu pada penyebaran narasi Moderasi Beragama menurut Kementerian Agama berdasarkan naskah yang disusun Kemenag. Moderasi beragama itu merupakan sikap dari penganut agama yang dapat memposisikan pengamalan agama sendiri dan saling menghormati kepada pengamalan ibadah orang lain termasuk dengan yang berbeda agama, yang dapat di Internalisasikan dalam dunia Pendidikan Adapun metodologi penelitiannya menggunakan pendekatan Mixmethode dengan metode dan teknik penelitian wawancara, observasi dan angket yang melibatkan seluruh stakeholder yang ada di sekolah. Yang dilibatkan dalam proses wawancara adalah wakil kepala sekolah, Pendidik dan peserta didik. Observasi dilakukan dalam proses pembelajaran dan juga kegiatan harian, mingguan, bulanan dan tahunan yang diadakan disekolah SMA Mekar Arum,serta angket yan disebarkan kesiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) terdapat nilai-nilai moderasi beragama yang diinternalisasikan dalam pendidikan di SMA Mekar Arum mencakup nilai toleransi, musyawarah, anti kekerasan, cinta tanah air dan ramah budaya. 2) Nilainilai moderasi beragama dalam pendidikan di SMA Mekar Arum diinternalisasikan melalui tahapan transformasi nilai, transaksi nilai dan transinternalisasi nilai. 3) Terdapat dampak dari internalisasi nilai-nilai moderasi beragama terhadap perilaku sosial siswa dengan t hitung sebesar 1,96.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: moderasi; pendidikan ; beragama ; soisal
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Special Education
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fatimatul Zahroh Hilma
Date Deposited: 03 Oct 2025 01:27
Last Modified: 03 Oct 2025 08:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122767

Actions (login required)

View Item View Item