Kecerdasan emosional siswa dan hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI: Penelitian kolerasi terhadap siswa kelas VII SMP Assahaqiyah Kota Bekasi

Nada, Hasna Shofwatun (2025) Kecerdasan emosional siswa dan hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI: Penelitian kolerasi terhadap siswa kelas VII SMP Assahaqiyah Kota Bekasi. Sarjana thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN KARYA.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (230kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kecerdasan emosinal merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa, dengan motivasi belajar siswa memiliki keinginan dan dorongan siswa dalam belajar sehingga mendapatkan hasil belajar yang baik. Motivasi belajar akan mendorong siswa untuk melakukan hal-hal positif agar dapat mengembangkan pengalaman-pengalaman yang telah diperolehnyaagar menjadi hal yang berarti. Namun, pada kenyataannya ditemukan permasalahan yang timbul pada masa remaja seperti masalah yang terjadi di salah satu sekolah terdapat beberapa siswa malas belajar, tidak peduli pada lingkungannya, pesimis dan selalu keras kepala atau tidak mudah diatur. Pada contoh-contoh tersebut membuktikan bahwa tingkat intelegensi tinggi tidak menjamin kesejahtraan, kebahagian dan kesuksesan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kecerdasan emosional siswa kelas VII SMP Assahaqiyah kota Bekasi; (2) motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VII SMP Assahaqiyah kota Bekasi; (3) hubungan antara kecerdasan emosional siswa dengan motivasi belajar mereka di kelas VII SMP Assahaqiyah Kota Bekasi. Penelitian ini diasumsikan bahwa pada kecerdasan emosional siswa terdapat adanya hubungan dengan motivasi belajar siswa dalam belajar PAI, karena kecerdasan emosi akan sangat mempengaruhi keinginan siswa dalam belajar. Karena dalam belajar tidak hanya kemampuanpikiran yang dibutuhkan, tetapi juga akan ada kemampuan lain yang dibutuhkan dalam belajar. Oleh karena itu, hipotesis dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan antara kecerdasan emosional siswa (variable X) dengan motivasi belajar pada mata Pelajaran PAI (variable Y). Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah metode korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kecerdasan emosional siswa di kelas VII SMP Assahaqiyah kota Bekasi, termasuk pada kategori sedang, dengan skor sebesar 3,19 yang berada pada interval 2,60 - 3,39; (2) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VII SMP Assahaqiyah termasuk pada kategori tinggi, dengan skor sebesar 3,52 yang berada pada interval 3,40 – 4,19; (3) Hubungan antara kecerdasan emosional siswa (variable X) dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (variable Y) di kelas VII SMP Assahaqiyah kota Bekasi adalah; (a) Koefisien korelasinya termasuk pada kategori kuat dengan skor 0,574 yang berada pada interval 0.51- 0.75; (b) Hipotesisnya diterima. Berdasarkan thitung = 3.057 lebih besar daripada ttabel= 2.079. Artinya terdapat hubungan yang positif signifikan antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar siswa di kelas VII SMP Assahaqiyah; dan (c) derajat Pengaruh variabel X terhadap variabel Y diperoleh sebesar 33% dan sisanya 67% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional; Motivasi Belajar Mata Pelajaran PAI; Hubungan Korelas
Subjects: Adult Education > Adult Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hasna Shofwatun Nada
Date Deposited: 03 Oct 2025 07:31
Last Modified: 03 Oct 2025 07:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122784

Actions (login required)

View Item View Item