Model pembelajaran flipped laboratory berbasis masalah dan tingkat pemahaman literasi halal terhadap peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada konsep biotekbologi

Sumiati, Iis (2025) Model pembelajaran flipped laboratory berbasis masalah dan tingkat pemahaman literasi halal terhadap peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada konsep biotekbologi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIASI)
3_Keterangan Bebas Plagiasi.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_Daftar Isi.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_BAB I.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img] Text (BAB III)
7_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text (BAB IV)
8_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)
[img] Text (BAB V)
9_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Flipped Laboratory berbasis masalah dan tingkat pemahaman literasi halal terhadap peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS) peserta didik pada konsep bioteknologi. Latar belakang penelitian ini adalah perlunya model pembelajaran inovatif yang mendukung keterampilan abad ke-21 serta menanamkan nilai literasi halal dalam pembelajaran sains. Penelitian dilakukan di SMA Kartika XIX-3 Bandung dengan sampel sebanyak 96 peserta didik kelas X, menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 3x3 (multi treatment factorial design). Dalam penelitian, model Flipped Laboratory berbasis masalah akan dibandingkan dengan model Problem Based Learning (PBL) secara full offline mapun full online, serta mempertimbangkan tingkat pemahaman literasi halal (tinggi, sedang, dan rendah). Instrumen yang digunakan adalah tes HOTS berbentuk pilihan ganda beralasan dan angket pemahaman literasi halal. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan skor HOTS berdasarkan model pembelajaran (p = 0,023), serta kontribusi positif tingkat pemahaman literasi halal terhadap capaian HOTS (p = 0.000). Ditemukan pula interaksi signifikan antara model pembelajaran dan tingkat pemahaman literasi halal (p = 0,000). Simpulan penelitian ini menegaskan bahwa model Flipped Laboratory berbasis masalah efektif digunakan dalam pembelajaran bioteknologi untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi sekaligus membentuk kesadaran nilai halalan thayyiban pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: flipped laboratory berbasis masalah; tingkat pemahaman literasi halal; kemampuan berpikir tingkat tinggi
Subjects: Natural Science
Education, Research
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Sumiati Iis
Date Deposited: 07 Oct 2025 01:58
Last Modified: 07 Oct 2025 01:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122806

Actions (login required)

View Item View Item