Hasanah, Uswatun (2025) Penerapan metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan media wordwall untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas VIII MTs Miftahul Falah Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (186kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (736kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (793kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (25kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (97kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak. Hal ini disebabkan karena kurang bervariasi dalam penggunaan metode dan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Untuk mengatasinya diperlukan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu metode student teams achivment divisions dan media wordwall. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penerapan metode student teams achivment divisions dan media wordwall pada mata pelajaran Aqidah akhlak di kelas VIII MTs Miftahul Falah Kota Bandung. 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan metode student teams achivment divisions dan media wordwall pada mata pelajaran Aqidah akhlak. Salah satu faktor yang dapat memengaruhi hasil belajar siswa adalah pemilihan metode dan media pembelajaran yang tepat dan efektif. Peneliti berasumsi bahwa penerapan metode student teams achivment divisions dan media wordwall dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan menerapkan metode STAD dapat menciptakan keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak melalui penerapan metode student teams achievement divisions (STAD) dan media wordwall. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode kuasi eksperimen dengan desain non-equevalent group design. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data kualitatif menggunakan pendekatan logika dan teknik analisis data kuantitatif menggunakan pendekatan statistik meliputi uji statistik deskriptif, uji normalitas data, uji homogenitas, uji N-gain dan uji hipotesis T. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan metode student teams achivment divisions dan media wordwall pada mata pelajaran aqidah akhlak sesuai dengan langkah-langkahnya terlaksana dengan baik mencapai skor rata-rata 83,5%. 2) Peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan metode student teams achivment divisions dan media wordwall pada mata pelajaran aqidah akhlak termasuk dalam kategori sedang dengan skor N-Gain sebesar 0,56, persentase peningkatan yang diperoleh sebesar 56%, dan peningkatan yang signifikan berdasarkan hasil uji T yaitu Sig 0,00 < 0,05. Oleh karena itu hipotesis yang diajukan diterima. Dengan demikian penerapan metode student teams achivment divisions dan media wordwall dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | student teams achievement divisions; wordwall; hasil belajar |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Uswatun Hasanah |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 02:26 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 02:26 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122865 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |