Pengaruh penggunaan metode timeline berbantu media pembelajaran powtoon terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas X MAN 2 Kota Bandung

Auni, Hanani Husna (2025) Pengaruh penggunaan metode timeline berbantu media pembelajaran powtoon terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas X MAN 2 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarisme.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (404kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif siswa kelas X pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 2 Kota Bandung, dimana 61,11% siswa memiliki nilai di bawah KKM (78). Hal ini disebabkan penggunaan metode pembelajaran konvensional yang kurang mampu memvisualisasikan peristiwa sejarah secara kronologis. Penggunaan metode timeline berbantu media pembelajaran powtoon dianggap mampu meningkatkan hasil belajar kognitif siswa melalui visualisasi yang menarik dan interaktif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Proses penggunaan metode timeline berbantu media pembelajaran powtoon pada mata pelajaran SKI. 2) Hasil belajar kognitif siswa sebelum dan sesudah penggunaan metode timeline berbantu media pembelajaran powtoon pada mata pelajaran SKI. 3) Pengaruh metode timeline berbantu media pembelajaran powtoon terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran SKI kelas X MAN 2 Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan desain non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data melalui tes pilihan ganda (pretest dan posttest), observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji Wilcoxon, uji Mann-Whitney U Test, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Keterlaksanaan metode timeline berbantu media pembelajaran powtoon mencapai rata-rata 88,9% dengan kategori sangat baik. 2) Hasil belajar kognitif kelas eksperimen meningkat dari 67,8 menjadi 78,4, sedangkan kelas kontrol dari 67,5 menjadi 71,5. 3) Nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,33 (kategori sedang) dan kelas kontrol 0,13 (kategori rendah). Uji Mann-Whitney U Test menunjukkan nilai Asymp. Sig. sebesar 0,041 < 0,05, sehingga hipotesis diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan metode timeline berbantu media pembelajaran powtoon terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran SKI kelas X MAN 2 Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: timeline; powtoon; hasil belajar kognitif
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hanani Husna Auni
Date Deposited: 07 Oct 2025 02:01
Last Modified: 07 Oct 2025 02:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122904

Actions (login required)

View Item View Item