Mukhlisah, Fitri (2025) Pengembangan media pembelajaran powerpoint berbasis ispring suite pada mata pelajaran IPAS kelas IV di Sekolah Dasar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
pernyataan karya sendiri.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (333kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN (62).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan yang terjadi di SDN Cikande Permai saat ini adalah pemahaman yang kurang pada siswa dalam mata pelajaran IPAS. Salah satunya disebabkan karena kurangnya pemanfaatan media pembelajaran selama proses pembelajaran berlangsung. Selama proses pembelajaran guru tidak memperhatikan keaktifan siswa, akibatnya yang terjadi siswa merasa bosan dan tidak berpartisipasi langsung selama proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain awal media pembelajaran powerpoint berbasis ispring suite yang dikembangkan pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SD, untuk mengetahui hasil uji validitas media pembelajaran powerpoint berbasis ispring suite mata pelajaran IPAS kelas IV di SD, dan untuk mengetahui bagaimana implementasi media pembelajaran powerpoint berbasis ispring suite mata pelajaran IPAS kelas IV di SD. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan model tahapan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara bersama guru kelas IV, angket validasi yaitu, validasi ahli media, ahli materi, ahli bahasa, dan angket respon siswa setelah penggunaan media pembelajaran. Adapun hasil uji validasi ahli media mendapatkan skor persentase 90%, ahli materi mendapatkan skor persentase 95%, dan hasil validasi ahli bahasa mendapatkan skor persentase 95%. Seluruh hasil uji validasi dari tiga validator masuk dalam kategori “Sangat Layak”. Hasil skor persentase respon siswa setelah menggunakan media pembelajaran powerpoint berbasis ispring suite dalam skala terbatas yang berjumlah enam orang siswa adalah 92% dalam kategori “Sangat Baik” dan pada skala luas dengan jumlah siswa 34 siswa mendapat hasil 91% dalam kategori “Sangat Baik”. Pelaksanaan media pembelajaran powerpoint berbasis ispring suite mendapatkan hasil yang menyatakan bahwa media pembelajaran powerpoint berbasis ispring suite mata pelajaran IPAS kelas IV yaitu pada katagori baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan media pembelajaran; powerpoint; ispring suite; pembelajaran IPAS |
Subjects: | General Management > Research and Development Management (R and D) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mukhlisah Fitri |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 02:20 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 03:12 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122908 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |