Nuraida, Neneng Ai (2025) Penerapan pembelajaran STEAM-ESD pada topik pemanasan global untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan kreativitas peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
2_skbebasplagiarisme.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text
3_abstrak.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftar Isi.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (500kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (619kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (627kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (46kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan telah diakui sebagai salah satu faktor utama dalam mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan. Sistem pendidikan di Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan, seperti kualitas pembelajaran yang rendah, perbedaan akses pendidikan yang tidak merata, serta ketidakmampuan sistem dalam menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran menggunakan pendekatan STEAM-ESD dan peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan kreativitas peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experiment. Penelitian ini dilakukan di SMA swasta di Bandung pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunukan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan STEAM-ESD terbukti efektif. Kreativitas peserta didik dalam pembuatan proyek mini air cooler sebesar 48,42 dengan kategori kreatif. Peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada kelas eksperimen dengan N-gain sebesar 0,74 dan 0,61 pada kelas kontrol. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan STEAM-ESD pada pembelajaran memiliki efektivitasyang efektif dan dapat meningkatkan keterampilan berpikir berpikir tingkat tinggi peserta didik, hanya saja pada penelitian ini tidak ada perbedaan peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada kelas eksperimen dan kontrol.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan abad 21; STEAM-ESD; Kreativitas |
Subjects: | Education, Research Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Elementary Education > Science for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Neneng Nuraida |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 02:49 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 03:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122916 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |