Penerapan pembelajaran STEAM-ESD pada topik pemanasan global untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan kreativitas peserta didik

Nuraida, Neneng Ai (2025) Penerapan pembelajaran STEAM-ESD pada topik pemanasan global untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan kreativitas peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
2_skbebasplagiarisme.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftar Isi.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (500kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan telah diakui sebagai salah satu faktor utama dalam mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan. Sistem pendidikan di Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan, seperti kualitas pembelajaran yang rendah, perbedaan akses pendidikan yang tidak merata, serta ketidakmampuan sistem dalam menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran menggunakan pendekatan STEAM-ESD dan peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan kreativitas peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experiment. Penelitian ini dilakukan di SMA swasta di Bandung pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunukan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan STEAM-ESD terbukti efektif. Kreativitas peserta didik dalam pembuatan proyek mini air cooler sebesar 48,42 dengan kategori kreatif. Peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada kelas eksperimen dengan N-gain sebesar 0,74 dan 0,61 pada kelas kontrol. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan STEAM-ESD pada pembelajaran memiliki efektivitasyang efektif dan dapat meningkatkan keterampilan berpikir berpikir tingkat tinggi peserta didik, hanya saja pada penelitian ini tidak ada perbedaan peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada kelas eksperimen dan kontrol.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan abad 21; STEAM-ESD; Kreativitas
Subjects: Education, Research
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Elementary Education > Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Neneng Nuraida
Date Deposited: 07 Oct 2025 02:49
Last Modified: 07 Oct 2025 03:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122916

Actions (login required)

View Item View Item