Penggunaan media animasi berbasis Canva untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian kuasi eksperimen di kelas X SMA Karya Budi Cileunyi

Hidayat, Taofik (2025) Penggunaan media animasi berbasis Canva untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian kuasi eksperimen di kelas X SMA Karya Budi Cileunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (351kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI BP) di kelas X SMA Karya Budi Cileunyi yang ditandai dengan kurangnya partisipasi aktif, semangat belajar yang lemah, dan antusiasme yang minim dalam mengikuti proses pembelajaran. Dalam upaya mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menawarkan alternatif media pembelajaran berupa media animasi berbasis Canva yang bersifat visual dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan penggunaan media animasi berbasis Canva pada mata pelajaran PAI-BP, (2) Mengetahui motivasi belajar siswa yang menggunakan media animasi berbasis Canva, (3) Mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa setelah menggunakan media animasi berbasis Canva, dan (4) Menganalisis pengaruh penggunaan media animasi berbasis Canva. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah penggunaan media pembelajaran yang tepat. Media animasi berbasis Canva diduga mampu menciptakan suasana belajar yang menarik secara visual dan mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan kerangka berpikir tersebut, hipotesis yang diuji dalam penelitian ini adalah bahwa penggunaan media animasi berbasis Canva diduga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI BP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan desain non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, studi dokumen, dan angket. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji-t, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan media animasi berbasis Canva dalam pembelajaran PAI BP pada aktivitas guru memperoleh skor rata-rata 90,53 % (sangat baik), dan aktivitas siswa memperoleh skor rata-rata 89% (baik). (2) Motivasi belajar siswa setelah pembelajaran mengunakan media animasi berbasis Canva berada pada kategori sangat tinggi dengan skor rata-rata angket 4,34. (3) Hasil uji N-Gain menunjukkan peningkatan rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 0,21% (kategori rendah). (4) Hasil uji-t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara penggunaan media animasi berbasis Canva terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Animasi Berbasis Canva; Motivasi Belajar; Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjects: Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Taofik Hidayat el Fiqihi
Date Deposited: 07 Oct 2025 02:36
Last Modified: 07 Oct 2025 02:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122920

Actions (login required)

View Item View Item