Pendekatan Etno-STREAM (Science, Technology, Religion, Engineering, Art, And Mathematic) untuk meningkatkan pemahaman konsep pada siswa dengan pembuatan oncom

Rivanda, Achmad Alfiyannur (2025) Pendekatan Etno-STREAM (Science, Technology, Religion, Engineering, Art, And Mathematic) untuk meningkatkan pemahaman konsep pada siswa dengan pembuatan oncom. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (510kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Pemahaman konsep merupakan salah satu tujuan dalam proses pembelajaran yang ditekankan oleh Kementrian Pendidikan Dasar dan Menengah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model pembelajaran Etno-STREAM pada pembuatan oncom, menelaah peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi bioteknologi, membandingkan pemahaman konsep antara siswa yang menggunakan dan tidak menggunakan pendekatan Etno-STREAM, menganalisis hasil asesmen kinerja, serta mengevaluasi refleksi siswa terhadap pembelajaran tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode quasi experiment dengan jenis desain non equivalent control group dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas X-B dan X-C dengan subjek penelitian sebanyak 46 siswa. Instrumen berupa soal pilihan ganda dengan indikator menafsirkan, memberikan contoh, mengelompokan, merangkum, menarik kesimpulan, membandingkan, Menjelaskan yang berjumlah 20. Analisis data menggunakan uji independent sample t test dan uji n-gain menunjukkan bahwa pendekatan Etno-STREAM memiliki pengaruh positif terhadap tingkat pemahaman konsep siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa dengan kriteria sangat baik pada setiap tahapan. Peningkatan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen 0,47 dengan kriteria sedang dan kelas reguler skor 0,19 dengan kriteria rendah. Uji hipotesis menunjukkan terdapat perbedaan pemahaman konsep kelas eksperimen dan reguler pada materi bioteknologi konvensional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Etno-STREAM; Pemahaman Konsep; Bioteknologi; Oncom
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Achmad Alfiyannur Rivanda
Date Deposited: 07 Oct 2025 04:22
Last Modified: 07 Oct 2025 04:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122944

Actions (login required)

View Item View Item