Rivanda, Achmad Alfiyannur (2025) Pendekatan Etno-STREAM (Science, Technology, Religion, Engineering, Art, And Mathematic) untuk meningkatkan pemahaman konsep pada siswa dengan pembuatan oncom. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (439kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (510kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (555kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Pemahaman konsep merupakan salah satu tujuan dalam proses pembelajaran yang ditekankan oleh Kementrian Pendidikan Dasar dan Menengah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model pembelajaran Etno-STREAM pada pembuatan oncom, menelaah peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi bioteknologi, membandingkan pemahaman konsep antara siswa yang menggunakan dan tidak menggunakan pendekatan Etno-STREAM, menganalisis hasil asesmen kinerja, serta mengevaluasi refleksi siswa terhadap pembelajaran tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode quasi experiment dengan jenis desain non equivalent control group dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas X-B dan X-C dengan subjek penelitian sebanyak 46 siswa. Instrumen berupa soal pilihan ganda dengan indikator menafsirkan, memberikan contoh, mengelompokan, merangkum, menarik kesimpulan, membandingkan, Menjelaskan yang berjumlah 20. Analisis data menggunakan uji independent sample t test dan uji n-gain menunjukkan bahwa pendekatan Etno-STREAM memiliki pengaruh positif terhadap tingkat pemahaman konsep siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa dengan kriteria sangat baik pada setiap tahapan. Peningkatan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen 0,47 dengan kriteria sedang dan kelas reguler skor 0,19 dengan kriteria rendah. Uji hipotesis menunjukkan terdapat perbedaan pemahaman konsep kelas eksperimen dan reguler pada materi bioteknologi konvensional.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etno-STREAM; Pemahaman Konsep; Bioteknologi; Oncom |
Subjects: | Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Achmad Alfiyannur Rivanda |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 04:22 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 04:22 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122944 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |