Pengaruh Model Pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) Berbantu Infografis terhadap Kemampuan Komunikasi Visual pada Materi Perubahan Lingkungan

Aidah, Ninda Nur (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) Berbantu Infografis terhadap Kemampuan Komunikasi Visual pada Materi Perubahan Lingkungan. Sarjana thesis, UIN.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_Skbebasplagiarisme.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_Skbebasplagiarisme.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_Daftarisi.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (290kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan komunikasi visual merupakan salah satu kompetensi abad 21 yang penting dikuasai peserta didik. Namun pada kenyataannya, kemampuan ini masih tergolong rendah, terutama dalam memahami materi biologi tentang Perubahan Lingkungan yang umumnya disajikan dalam bentuk bacaan atau data tekstual dengan visualisasi terbatas. Oleh karena itu, penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectually (SAVI) berbantu infografis terhadap kemampuan komunikasi visual peserta didik. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain non-equivalent control group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran SAVI berbantu infografis terhadap kemampuan komunikasi visual peserta didik, dengan nilai uji hipotesis sebesar 0,000 < 0,05. Selain itu, terjadi peningkatan kemampuan komunikasi visual pada kelas eksperimen dengan nilai N-gain sebesar 0,70 (kategori tinggi). Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SAVI berbantu infografis memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi visual peserta didik pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan model tersebut untuk membantu mengembangkan literasi visual siswa pada materi serupa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Infografis; Komunikasi Visual; Model SAVI; Perubahan Lingkungan
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Ninda Nur Aidah
Date Deposited: 07 Oct 2025 07:07
Last Modified: 07 Oct 2025 07:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122960

Actions (login required)

View Item View Item