Aidah, Ninda Nur (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) Berbantu Infografis terhadap Kemampuan Komunikasi Visual pada Materi Perubahan Lingkungan. Sarjana thesis, UIN.
|
Text
1_Cover.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
2_Abstrak.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
3_Skbebasplagiarisme.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
3_Skbebasplagiarisme.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
4_Daftarisi.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (290kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (383kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (448kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan komunikasi visual merupakan salah satu kompetensi abad 21 yang penting dikuasai peserta didik. Namun pada kenyataannya, kemampuan ini masih tergolong rendah, terutama dalam memahami materi biologi tentang Perubahan Lingkungan yang umumnya disajikan dalam bentuk bacaan atau data tekstual dengan visualisasi terbatas. Oleh karena itu, penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intellectually (SAVI) berbantu infografis terhadap kemampuan komunikasi visual peserta didik. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain non-equivalent control group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran SAVI berbantu infografis terhadap kemampuan komunikasi visual peserta didik, dengan nilai uji hipotesis sebesar 0,000 < 0,05. Selain itu, terjadi peningkatan kemampuan komunikasi visual pada kelas eksperimen dengan nilai N-gain sebesar 0,70 (kategori tinggi). Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SAVI berbantu infografis memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi visual peserta didik pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan model tersebut untuk membantu mengembangkan literasi visual siswa pada materi serupa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Infografis; Komunikasi Visual; Model SAVI; Perubahan Lingkungan |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities General Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ninda Nur Aidah |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 07:07 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 07:48 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122960 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |