Rahmani, Fajrin (2025) Kompetensi Guru dalam menyusun Modul Ajar dan implikasinya terhadap Hasil Belajar siswa : Penelitian kualitatif terhadap Guru kelas IV MIS Muhammadiyah Gunungmanik Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text (PERNYATAAN BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarisme.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) |
||
|
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
||
|
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (423kB) |
||
|
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
||
|
Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (736kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis kompetensi guru dalam menyusun modul ajar di kelas IV MIS Muhammadiyah Gunungmanik. Selain itu, penelitian ini juga meneliti implikasi penyusunan modul ajar terhadap hasil belajar siswa. Modul ajar merupakan salah satu perangkat ajar utama yang harus dirancang secara sistematis agar proses pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan capaian pembelajaran yang telah ditetapkan. Namun, dalam praktiknya, tidak semua guru memiliki kompetensi yang memadai dalam menyusun modul ajar yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kompetensi guru kelas IV di MIS Muhammadiyah Gunungmanik dalam menyusun modul ajar. penelitian ini juga berfokus pada upaya mengidentifikasi berbagai kesulitan atau kendala yang dihadapi guru dalam proses penyusunan modul ajar serta mengungkap berbagai strategi atau solusi yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi hambatan tersebut. Kompetensi guru merupakan seperangkat kemampuan profesional yang wajib dimiliki oleh seorang pendidik untuk menjalankan peran dan tanggung jawabnya secara efektif. Kompetensi ini mencangkup kemampuan dalam merencanakan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa, mulai dari penetapan tujuan, pemilihan metode, hingga penyusunan perangkat ajar yang mendukung (Mulyani, 2023). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi langsung di lapangan, dan studi dokumentasi terhadap modul ajar yang telah disusun guru kleas IV MIS Muhammadiyah Gunungmanik Kabupaten Sumedang. Teknis analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah mampu menyusun modul ajar secara sistematis sesuai Kurikulum Merdeka, yang memuat tujuan pembelajaran, alur kegiatan, materi, dan penilaian terintegrasi. Penerapan modul ajar tersebut berkontribusi terhadap peningkatan ketuntasan belajar siswa dari 65% menjadi 78%. Namun, keberhasilan pembelajaran tetap dipengaruhi oleh keterlibatan aktif siswa, sehingga guru perlu mengoptimalkan strategi diferensiasi dan penggunaan media pembelajaran yang variatif. Kesimpulannya, kompetensi guru dalam menyusun modul ajar berdampak positif terhadap hasil belajar siswa, namun keberhasilan pembelajaran optimal memerlukan penguatan pada aspek adaptasi, improvisasi, dan strategi pembelajaran inklusif.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Guru; Modul Ajar; Hasil Belajar; Kurikulum Merdeka |
| Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Fajrin Rahmani |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 01:51 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 01:52 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/122989 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



