Pengaruh model pembelajaran Reading, Mind Mapping and Sharing (RMS) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah

Alfarizi, Hasan (2025) Pengaruh model pembelajaran Reading, Mind Mapping and Sharing (RMS) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftar isi.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (484kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah. Tujuannya adalah mendeskripsikan pembelajaran menggunakan model Reading, Mind Mapping and Sharing (RMS), menganalisis hasil belajar siswa di kelas eksperimen dan kontrol, menguji pengaruh RMS, serta menilai respons siswa. Penelitian menggunakan metode quasi-eksperimen dengan desain nonequivalent control group pada 48 siswa kelas VIII yang dipilih secara purposive sampling (VII-1 eksperimen, VII-2 Kontrol). Instrumen meliputi tes hasil belajar (pre-test dan post-test), lembar observasi, dan angket siswa. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, uji-t, dan effect size. Hasil menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran dengan model RMS sebesar 93,3% (sangat baik), peningkatan nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dari 49,6 menjadi 87,3 (sangat baik), dan kelas kontrol dari 44,8 menjadi 80,8 (baik). Respon siswa terhadap model RMS sangat baik (89,0%), dengan pengaruh signifikan (p= 0,03) dan effect size 0,81 (tinggi). Disimpulkan bahwa model RMS efektif pada hasil belajar dan keterlibatan siswa pada materi sistem peredaran darah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Reading, Mind Mapping and Sharing; Hasil belajar Siswa; Sistem Peredaran Darah;
Subjects: Education
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: hasan alfarizi
Date Deposited: 08 Oct 2025 07:02
Last Modified: 08 Oct 2025 07:02
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/123023

Actions (login required)

View Item View Item