Alfarizi, Hasan (2025) Pengaruh model pembelajaran Reading, Mind Mapping and Sharing (RMS) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (397kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (363kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftar isi.pdf Download (452kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (484kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (495kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (632kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (448kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah. Tujuannya adalah mendeskripsikan pembelajaran menggunakan model Reading, Mind Mapping and Sharing (RMS), menganalisis hasil belajar siswa di kelas eksperimen dan kontrol, menguji pengaruh RMS, serta menilai respons siswa. Penelitian menggunakan metode quasi-eksperimen dengan desain nonequivalent control group pada 48 siswa kelas VIII yang dipilih secara purposive sampling (VII-1 eksperimen, VII-2 Kontrol). Instrumen meliputi tes hasil belajar (pre-test dan post-test), lembar observasi, dan angket siswa. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, uji-t, dan effect size. Hasil menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran dengan model RMS sebesar 93,3% (sangat baik), peningkatan nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dari 49,6 menjadi 87,3 (sangat baik), dan kelas kontrol dari 44,8 menjadi 80,8 (baik). Respon siswa terhadap model RMS sangat baik (89,0%), dengan pengaruh signifikan (p= 0,03) dan effect size 0,81 (tinggi). Disimpulkan bahwa model RMS efektif pada hasil belajar dan keterlibatan siswa pada materi sistem peredaran darah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Reading, Mind Mapping and Sharing; Hasil belajar Siswa; Sistem Peredaran Darah; |
Subjects: | Education Education > Research and Statistical Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | hasan alfarizi |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 07:02 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 07:02 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/123023 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |