Qolbiyah, Dzurrotul (2025) Hubungan interaksi sosial dengan hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV sekolah dasar: Penelitian kolerasi di SDN 168 Cipadung Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN PLAGIASI)
Keterangan-LULUS-Cek-Plagiasi-Dzurrotul Qolbiyah.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (60kB) | Request a copy |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) | Request a copy |
||
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (449kB) | Request a copy |
Abstract
Pe$ndidikan me$ru$pakan aktivitas dan u$saha manu$sia u$ntu$k me$ningkatkan ke$pribadiannya de$ngan jalan me$mbina pote$nsi-pote$nsi pribadinya, yaitu$ rohani (pikir, karsa, rasa, cipta dan bu$di nu$rani) dan jasmani (pancainde$ra se$rta ke$te$rampilan-ke$te$rampilan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara interaksi sosial dengan hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV di SDN 168 Cipadung Kota Bandung, agar bisa mengetahui apakah adanya hubungan antara Interaksi Sosial dengan Hasil Belajar. Inte$raksi sosial adalah adanya hu$bu$ngan sosial antar individu$ dan individu$ mau$pu$n ke$lompok dan ke$lompok, dan ju$ga bisa saling be$rinte$raksi yang me$mpe$ngaru$hi su$atu$ hu$bu$ngan dari satu$ de$ngan yang lainnya (Ku$ntoro, dkk. 2020). Rifa’i dan Anni (2012:69) hasil be$lajar me$ru$pakan pe$ru$bahan pe$rilaku$ yang dipe$role$h pe$se$rta didik se$te$lah me$ngalami ke$giatan be$lajar. Interaksi sosial adalah hubungan antar individu yang saling memengaruhi perilaku satu sama lain. Dalam pembelajaran, interaksi ini mendorong kerja sama antar siswa yang berdampak pada hasil belajar. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, wawancara, dan dokumentasi hasil belajar siswa. Teknik analisis data meliputi uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov Smirnov setelah diketahui data berdistribusi normal maka dilakukan uji kolerasi menggunakan uji kolerasi product moment. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 168 Cipadung Kota Bandung. Adapun sampel dalam penelitian ini terdiri dari 29 orang yang diambil dengan teknik total sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa:. Hasil perhitungan uji kolerasi di peroleh r hitung 0,276 dengan signifikasi 0,05 dan berjumlah 29 responden di peroleh r table 0,3637, maka diketahui bahwa penelitian ini menunjukan tigkat kolerasi yang rendah yaitu r hitung 0,276, karena terletak pada koefisien 0,20-0,399. Hal ini menunjukkan bahwa interaksi sosial yang dimiliki siswa tidak bisa menjadi acuan untuk hasil belajar pada siswa, tetapi semakin tinggi pula kecenderungan mereka dalam berinteraksi masih dibilang bisa menjadi tolak ukur untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Interaksi sosial berperan dalam mendukung motivasi belajar, kepercayaan diri, dan kolaborasi dalam kegiatan pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Interaksi Sosial; hasil belajar; IPAS; Siswa sekolah dasar |
| Subjects: | Education > Research and Statistical Methods |
| Depositing User: | Dzurrotul Qolbiyah |
| Date Deposited: | 23 Dec 2025 07:20 |
| Last Modified: | 23 Dec 2025 07:20 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/123140 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



