Maulana, Rifan Sa'ban (2022) Hubungan Minat Belajar Matematika Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Pgmi Uin Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
_skbebasplagiarsm 4 (1).pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (320kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (496kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (480kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (440kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (843kB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran tidak hanya ditentukan oleh strategi instruksional tetapi juga oleh faktor internal seperti minat belajar siswa, yang memainkan peran sentral dalam membentuk hasil belajar. Minat belajar mendorong siswa untuk terlibat aktif dalam kegiatan akademik, mengarahkan perhatian dan motivasi mereka untuk menguasai materi. Sebaliknya, minat yang rendah dapat menghambat kemampuan siswa untuk mencapai hasil yang optimal. Matematika, sebagai mata pelajaran yang membutuhkan pemikiran kritis dan keterampilan pemecahan masalah, sering menjadi tolok ukur untuk mengukur bagaimana minat belajar mempengaruhi kinerja akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara minat siswa dalam belajar matematika dengan prestasi akademik mereka. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan sampel 40 mahasiswa. Data dikumpulkan melalui kuesioner untuk mengukur minat belajar dan dokumentasi nilai ujian akademik untuk menilai hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa menunjukkan tingkat minat sedang dalam belajar matematika (70%), dengan persentase yang lebih kecil jatuh ke dalam kategori tinggi (18%) dan rendah (12%). Sementara itu, capaian belajar juga didominasi oleh kategori sedang (70%), diikuti oleh kategori tinggi (20%) dan rendah (10%). Temuan ini menunjukkan bahwa minat belajar yang lebih tinggi cenderung berkorelasi dengan prestasi akademik yang lebih baik, mendukung asumsi bahwa motivasi dan keterlibatan secara signifikan berkontribusi pada keberhasilan belajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hubungan;Minat;Belajar;Hasil belajar |
Subjects: | Education Education > Psychology of Education Education > Statistic of Education Arithmetics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Rifan Sa'ban Maulana |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 06:56 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 06:56 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/123330 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |