Hubungan Minat Belajar Matematika Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Pgmi Uin Bandung

Maulana, Rifan Sa'ban (2022) Hubungan Minat Belajar Matematika Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Pgmi Uin Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
_skbebasplagiarsm 4 (1).pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (843kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran tidak hanya ditentukan oleh strategi instruksional tetapi juga oleh faktor internal seperti minat belajar siswa, yang memainkan peran sentral dalam membentuk hasil belajar. Minat belajar mendorong siswa untuk terlibat aktif dalam kegiatan akademik, mengarahkan perhatian dan motivasi mereka untuk menguasai materi. Sebaliknya, minat yang rendah dapat menghambat kemampuan siswa untuk mencapai hasil yang optimal. Matematika, sebagai mata pelajaran yang membutuhkan pemikiran kritis dan keterampilan pemecahan masalah, sering menjadi tolok ukur untuk mengukur bagaimana minat belajar mempengaruhi kinerja akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara minat siswa dalam belajar matematika dengan prestasi akademik mereka. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan sampel 40 mahasiswa. Data dikumpulkan melalui kuesioner untuk mengukur minat belajar dan dokumentasi nilai ujian akademik untuk menilai hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa menunjukkan tingkat minat sedang dalam belajar matematika (70%), dengan persentase yang lebih kecil jatuh ke dalam kategori tinggi (18%) dan rendah (12%). Sementara itu, capaian belajar juga didominasi oleh kategori sedang (70%), diikuti oleh kategori tinggi (20%) dan rendah (10%). Temuan ini menunjukkan bahwa minat belajar yang lebih tinggi cenderung berkorelasi dengan prestasi akademik yang lebih baik, mendukung asumsi bahwa motivasi dan keterlibatan secara signifikan berkontribusi pada keberhasilan belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hubungan;Minat;Belajar;Hasil belajar
Subjects: Education
Education > Psychology of Education
Education > Statistic of Education
Arithmetics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rifan Sa'ban Maulana
Date Deposited: 14 Oct 2025 06:56
Last Modified: 14 Oct 2025 06:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/123330

Actions (login required)

View Item View Item