Kredibilitas akun Instagram @Folkative dalam pandangan mahasiswa Jurnalistik sebagai media informasi : Studi pada mahasiswa Jurnalistik angkatan 2021 UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Subandi, Vito (2025) Kredibilitas akun Instagram @Folkative dalam pandangan mahasiswa Jurnalistik sebagai media informasi : Studi pada mahasiswa Jurnalistik angkatan 2021 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK PLAGIARISME)
3_skbebasplagiarsm.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (700kB)

Abstract

Pada era digital, media sosial menjadi salah satu sumber informasi utama, khususnya bagi generasi muda. Instagram, dengan kekuatan visual dan interaktivitasnya, dimanfaatkan oleh berbagai media sebagai sarana penyebaran berita. Salah satu akun yang populer adalah @Folkative, yang dikenal menyajikan berita secara ringkas, cepat, dan aktual. Namun, kredibilitas pemberitaan di media sosial sering menjadi sorotan, terutama terkait kelengkapan informasi, kejelasan sumber, dan ketidakberpihakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan mahasiswa Jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2021 terhadap kredibilitas akun Instagram @Folkative sebagai media informasi, ditinjau dari tiga dimensi utama teori Salwen, Garrison, dan Driscoll (2005), yaitu kepercayaan (trustworthiness), kekinian (currency), dan tidak bias (bias). Fokus penelitian diarahkan pada bagaimana mahasiswa menilai kualitas berita yang disajikan, baik dari segi isi, cara penyajian, maupun sikap redaksional akun tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam kepada enam mahasiswa Jurnalistik yang merupakan pengikut aktif akun Instagram @Folkative. Pendekatan ini digunakan untuk menggambarkan secara sistematis pandangan mereka terhadap kredibilitas media sosial berbasis berita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dimensi kepercayaan, empat dari enam informan menilai akun Instagram @Folkative memiliki tingkat kredibilitas rendah karena informasi dinilai kurang lengkap, sumber berita kurang jelas, serta terdapat ketidaksesuaian antara judul, gambar, dan isi berita. Dua informan lainnya menilai akun ini cukup kredibel karena informasi dianggap ringkas namun relevan, serta sumber disebutkan. Pada dimensi kekinian, seluruh informan sepakat bahwa akun Instagram @Folkative up to date dalam memberitakan isu-isu terbaru, meskipun sebagian menyoroti akurasi dan kelengkapan data. Pada dimensi tidak bias, mahasiswa menilai akun ini relatif objektif dan telah menerapkan prinsip cover both sides, meski tetap ada potensi bias dalam pemilihan isu. Secara keseluruhan, akun Instagram @Folkative dinilai mampu memenuhi sebagian besar indikator kredibilitas media online, namun perlu peningkatan pada aspek kelengkapan dan kejelasan sumber berita.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kredibilitas Media; Instagram; Folkative; Pandangan Mahasiswa Jurnalistik
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Vito Subandi Ssubandi
Date Deposited: 17 Oct 2025 03:13
Last Modified: 17 Oct 2025 03:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/123404

Actions (login required)

View Item View Item