Nugraha, Agung (2025) Desain pembelajaran PjBL berbasis STEM terintegrasi RTM (Real-Time Temperature Monitoring) pada konsep sifat koligatif larutan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan mengembangkan kreativitas peserta didik: Penelitian di SMA IT Fithrah Insani Baleendah. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (413kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (599kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (680kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (23MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran saat ini diarahkan pada pengembangan pembelajaran dengan mengintegrasikan sains, teknologi, engineering, dan matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan desain Project Based Learning (PjBL) berbasis Science, Technology, Engineering, dan Mathematics (STEM) yang diintegrasikan dengan pengembangan teknologi Realtime Temperature Monitoring (RTM) pada materi sifat koligatif larutan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk melihat peningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan mengidentifikasi kreativitas peserta didik serta mengukur respon peserta didik terhadap pembelajaran yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-kuantitatif dengan jenis penelitian Research and Development (RnD). Pengumpulan data dilakukan dengan lembar validasi untuk pengembangan instrumen, lembar observasi keterlaksanakan pembelajaran, soal pretest-posttest kemampuan berpikir tingkat tinggi, lembar penilaian kreativitas, dan angket respon peserta didik. Analisis data dilakukan dengan analisis data kuantitatif melalui metode statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua instrumen yang dikembangkan valid dan layak untuk digunakan. Pada proses pembelajaran, hasil observasi menunjukkan rata-rata keterlaksanaan pembelajaran mencapai 97,18%. Pada kemampuan berpikir tingkat tinggi, hasil pengujian menunjukkan adanya perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik setelah pelaksanaan pembelajaran dengan kategori peningkatan sedang. Pada aspek kreativitas, terdapat 2 kelompok yang berada pada skala observation of thinking, 2 kelompok pada skala thinking strategy, dan 1 kelompok pada skala reflection of thinking. Hasil angket respon peserta didik menunjukkan rata-rata untuk setiap indikator adalah baik. Hal ini mengindikasikan bahwa pembelajaran PjBL-STEM terintegrasi RTM dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan mengidentifikasi kreativitas peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | berpikir tingkat tinggi; kreativitas; PjBL-STEM; sifat koligatif larutan |
Subjects: | Science and Religion Elementary Education > Science for Elementary Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Agung Nugraha |
Date Deposited: | 15 Oct 2025 03:22 |
Last Modified: | 15 Oct 2025 03:22 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/123425 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |