Desain pembelajaran PjBL berbasis STEM terintegrasi RTM (Real-Time Temperature Monitoring) pada konsep sifat koligatif larutan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan mengembangkan kreativitas peserta didik: Penelitian di SMA IT Fithrah Insani Baleendah

Nugraha, Agung (2025) Desain pembelajaran PjBL berbasis STEM terintegrasi RTM (Real-Time Temperature Monitoring) pada konsep sifat koligatif larutan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan mengembangkan kreativitas peserta didik: Penelitian di SMA IT Fithrah Insani Baleendah. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (599kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran saat ini diarahkan pada pengembangan pembelajaran dengan mengintegrasikan sains, teknologi, engineering, dan matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan desain Project Based Learning (PjBL) berbasis Science, Technology, Engineering, dan Mathematics (STEM) yang diintegrasikan dengan pengembangan teknologi Realtime Temperature Monitoring (RTM) pada materi sifat koligatif larutan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk melihat peningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan mengidentifikasi kreativitas peserta didik serta mengukur respon peserta didik terhadap pembelajaran yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-kuantitatif dengan jenis penelitian Research and Development (RnD). Pengumpulan data dilakukan dengan lembar validasi untuk pengembangan instrumen, lembar observasi keterlaksanakan pembelajaran, soal pretest-posttest kemampuan berpikir tingkat tinggi, lembar penilaian kreativitas, dan angket respon peserta didik. Analisis data dilakukan dengan analisis data kuantitatif melalui metode statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua instrumen yang dikembangkan valid dan layak untuk digunakan. Pada proses pembelajaran, hasil observasi menunjukkan rata-rata keterlaksanaan pembelajaran mencapai 97,18%. Pada kemampuan berpikir tingkat tinggi, hasil pengujian menunjukkan adanya perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik setelah pelaksanaan pembelajaran dengan kategori peningkatan sedang. Pada aspek kreativitas, terdapat 2 kelompok yang berada pada skala observation of thinking, 2 kelompok pada skala thinking strategy, dan 1 kelompok pada skala reflection of thinking. Hasil angket respon peserta didik menunjukkan rata-rata untuk setiap indikator adalah baik. Hal ini mengindikasikan bahwa pembelajaran PjBL-STEM terintegrasi RTM dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan mengidentifikasi kreativitas peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: berpikir tingkat tinggi; kreativitas; PjBL-STEM; sifat koligatif larutan
Subjects: Science and Religion
Elementary Education > Science for Elementary Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Agung Nugraha
Date Deposited: 15 Oct 2025 03:22
Last Modified: 15 Oct 2025 03:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/123425

Actions (login required)

View Item View Item