Shafira, Sherin Dwi (2025) Pengaruh pembelajaran Discovery Learning berbantu konten reels Instagram terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi hormon reproduksi manusia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
![]() |
Text (COVER)
cover.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (408kB) |
![]() |
Text (SUKET BEBAS PLAGIASI)
Suket Plagiarisme Sherin (1).pdf Download (426kB) |
![]() |
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Download (785kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (764kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran (73).pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantu konten Reels Instagram terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi hormon reproduksi manusia. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI MA Syamsul ‘Ulum yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan meliputi tes kemampuan pemecahan masalah, lembar observasi keterlaksanaan, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest kelas eksperimen sebesar 46,2 dan kelas kontrol sebesar 48,1, sedangkan rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 83,7 dan kelas kontrol sebesar 68,5. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah ditunjukkan oleh nilai N-gain kelas eksperimen sebesar 0,70 (kategori tinggi) dan kelas kontrol sebesar 0,39 (kategori sedang). Uji-t menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelas. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantu konten Reels Instagram berpengaruh positif dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi hormon reproduksi manusia.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning; Reels Instagram; Hormon Reproduksi Manusia; Kemampuan Pemecahan Masalah. |
Subjects: | Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Sherin Dwi Shafira |
Date Deposited: | 16 Oct 2025 03:58 |
Last Modified: | 16 Oct 2025 04:14 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/123490 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |