Zulfa, Amanah Amnun (2025) Manajemen strategik Kepala Madrasah dalam peningkatan mutu pendidikan untuk memperkuat daya saing lembaga : Studi kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (383kB) |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (190kB) |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (298kB) |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (460kB) |
|
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (833kB) |
|
|
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) |
|
|
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) |
Abstract
Pendidikan memiliki peran strategis dalam membentuk sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing, terutama di tengah tantangan era revolusi industri 4.0. Madrasah, sebagai lembaga pendidikan Islam, dituntut untuk meningkatkan mutu agar mampu bersaing dengan sekolah umum. Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Bandung menjadi contoh lembaga yang berupaya menjawab tantangan tersebut melalui strategi kepemimpinan kepala madrasah yang terencana dan inovatif, baik dalam penguatan mutu akademik, peningkatan kompetensi guru, maupun penyediaan sarana prasarana. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan manajemen strategik kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan guna memperkuat daya saing lembaga. Fokus kajian diarahkan pada proses perumusan visi-misi dan analisis SWOT, penerapan strategi, evaluasi strategi, serta dampaknya terhadap mutu dan daya saing MIN 1 Kota Bandung yang dibatasi pembahasan mutu pendidikanya pada empat standar yang paling relevan yaitu standar isi, standar proses, standar pendidik dan tenaga kependidikan serta standar kompetensi lulusan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang melibatkan kepala madrasah, tim pengembang, komite, dan orang tua. Analisis data dilakukan dengan model interaktif Miles dan Huberman melalui tahapan pengumpulan, reduksi, penyajian, serta penarikan kesimpulan, dengan validitas diuji melalui triangulasi sumber. Teori yang digunakan adalah teori Robbins and Coulter, Standar Nasional Pendidikan dan Michael Porter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen strategik kepala madrasah berjalan konsisten melalui tahapan formulasi, implementasi, dan evaluasi. Visi dan misi madrasah ditinjau ulang secara partisipatif, diterjemahkan dalam dokumen operasional, dan diperkuat dengan analisis SWOT. Strategi mutu diterapkan melalui program tahfidz, budaya prestasi, pembelajaran berbasis teknologi, serta peningkatan kompetensi guru. Evaluasi dilaksanakan dengan siklus SPMI berbasis PDCA, menghasilkan perbaikan berkelanjutan. Dampaknya terlihat pada meningkatnya prestasi siswa, selektivitas penerimaan peserta didik baru, serta penguatan citra dan daya saing lembaga.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Manajemen Strategik; Mutu Pendidikan; Daya Saing; Kepala Madrasah |
| Subjects: | Islam > Islamic Leaders Islam > Islamic Religious Education |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Zulfa Amanah Amnun |
| Date Deposited: | 18 Oct 2025 05:34 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 02:12 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/123538 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



