Persepsi siswa terhadap variasi metode gamifikasi hubungannya dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: penelitian korelasi terhadap siswa kelas VII SMP Mekar Arum

Nurkhoiriyah, Fitri (2025) Persepsi siswa terhadap variasi metode gamifikasi hubungannya dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: penelitian korelasi terhadap siswa kelas VII SMP Mekar Arum. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (230kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (379kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (215kB)
[img] Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (435kB)
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan meningkatkan kemampuan peserta didik. Minat belajar menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan pembelajaran karena berpengaruh pada keterlibatan, motivasi, dan pemahaman siswa terhadap materi. Namun, dalam praktiknya masih ditemukan sejumlah kendala dalam proses pembelajaran, salah satunya adalah kurangnya minat belajar siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan peneliti terhadap sebagian siswa kelas VII di SMP Mekar yang menunjukkan ketertarikan yang rendah dalam mengikuti pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP). Berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Slameto mengenai minat belajar, ia mengemukakan bahwa minat adalah suatu rasa lebih suka dan rasa ketertarikan pada suatu hal tanpa ada yang menyuruh. Rendahnya minat belajar ini berdampak pada kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dan pemahaman materi yang terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi peserta didik terhadap metode gamifikasi yang digunakan oleh guru sebagai metode pembelajaran yang interaktif, serta untuk mengetahui tingkat minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti setelah diterapkannya metode gamifikasi dalam pembelajaran, serta menganalisis hubungan antara penerapan metode gamifikasi dengan peningkatan minat belajar siswa kelas VII SMP Mekar Arum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi penelitian adalah 83 siswa kelas VII SMP Mekar Arum yang diambil menggunakan teknik total sampling. Instrumen penelitian berupa angket persepsi terhadap metode gamifikasi dan minat belajar yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Serta untuk perhitungan analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment, koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi peserta didik terhadap metode gamifikasi berada pada kategori positif, sedangkan tingkat minat belajar berada pada kategori sedang-tinggi dengan persentase 62,23%. Hasil uji korelasi diperoleh nilai r sebesar 0,584 yang termasuk kategori sedang dengan koefisien determinasi 33,3%, menunjukkan bahwa metode gamifikasi memengaruhi 33,3% variasi minat belajar siswa, dan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya. Kemudian Hasil uji hipotesis menunjukkan r hitung 0,112 lebih besar dari r tabel, sehingga Ha diterima dan H₀ ditolak. Dengan demikian, penerapan metode gamifikasi efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Strategi ini dapat digunakan guru untuk menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif, menyenangkan, dan bermakna, sekaligus mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Gamifikasi; Minat Belajar; Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fitri Nurkhoiriyah
Date Deposited: 20 Oct 2025 07:12
Last Modified: 20 Oct 2025 07:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/123579

Actions (login required)

View Item View Item