Penerapan Model Pembelajaran ADI (Argument Driven Inquiry) untuk Mengembangkan Keterampilan Argumentasi Ilmiah pada Konsep Garam Terhidrolisis

Susanti, Erna Dwi (2018) Penerapan Model Pembelajaran ADI (Argument Driven Inquiry) untuk Mengembangkan Keterampilan Argumentasi Ilmiah pada Konsep Garam Terhidrolisis. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktivitas siswa, menganalisis kemampuan siswa menyelesaikan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada setiap tahap ADI, dan menganalisis keterampilan argumentasi ilmiah siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian kelas dengan desain one- shot case study. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri Kota Bandung yang berjumlah 37 orang. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa mencapai kategori sangat baik dengan persentase rata-rata 91%. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan LKS mencapai kategori baik dengan nilai rata-rata yaitu 73. Nilai rata-rata tertinggi pada tahap merevisi laporan yaitu 82. Nilai rata-rata terendah pada tahap pembuatan argumen tentatif, menulis laporan, dan double blind peer review yaitu 68. Kualitas keterampilan argumentasi ilmiah berada pada level 4 dan dikategorikan memiliki argumentasi dengan sanggahan jelas, karena dapat menghubungkan claim, evidence, reasoning dan rebbutal. Adanya kegiatan inkuiri saat praktikum dan argumentasi pada pembelajaran garam terhidrolisis dapat mengembangkan kualitas argumentasi dengan baik. Dengan demikian model pembelajaran ADI dapat mengembangkan keterampilan argumentasi ilmiah pada siswa. Kata kunci: Model pembelajaran ADI, keterampilan argumentasi ilmiah, garam terhidrolisis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran ADI; keterampilan argumentasi ilmiah;garam terhidrolisis.
Subjects: Education, Research
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Erna Dwi
Date Deposited: 07 Aug 2018 09:54
Last Modified: 07 Aug 2018 09:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/12359

Actions (login required)

View Item View Item