Zahirah, Hasna Dini (2025) Penggunaan metode Talking Stick berbasis media kartu tanya-jawab untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada pelajaran PAI-BP: Penelitian pada siswa kelas VII SMPN 2 Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (173kB) |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (181kB) |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
Surat Pernyataan Karya Sendiri_Hasna_PAI (1).pdf Download (274kB) |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (165kB) |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (323kB) |
|
|
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) |
|
|
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
|
|
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (537kB) |
|
|
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran akibat kurangnya keaktifan, rasa ingin tahu, dan inisiatif dalam aktivitas kelompok. Kurang bervariasinya metode dan media pembelajaran juga turut berpengaruh. Untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dalam pelajaran PAI-BP, peneliti menggunakan metode talking stick berbasis media kartu tanya-jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil belajar kognitif siswa sebelum penggunaan metode talking stick berbasis media kartu tanya-jawab dalam pelajaran PAI-BP pada siswa kelas VII di SMPN 2 Cileunyi. 2) Penggunaan metode talking stick berbasis media kartu tanya-jawab dalam pelajaran PAI-BP pada siswa kelas VII di SMPN 2 Cileunyi. 3) Sejauh mana peningkatan hasil belajar kognitif siswa setelah menggunakan metode talking stick berbasis media kartu tanya-jawab dalam pelajaran PAI-BP pada siswa kelas VII di SMPN 2 Cileunyi Kabupaten Bandung. Menurut Suprijono (2012), talking stick merupakan metode pembelajaran yang dirancang dalam bentuk permainan, sehingga mendorong siswa untuk berani mengemukakan pendapat dan dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran sehingga meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Oleh karena itu hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: penggunaan metode talking stick berbasis media kartu tanya-jawab memberikan peningkatan signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa pada pelajaran PAI-BP di kelas VII SMPN 2 Cileunyi Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control-group design. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan lembar tes pada siswa. Adapun teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Hasil belajar sebelum penggunaan metode talking stick berbasis media kartu tanya-jawab mendapatkan nilai rata-rata sebesar 62,36. Adapun kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata sebesar 62,08, 2) Penggunaan metode talking stick berbasis media kartu tanya-jawab terlaksana dengan baik. Pada pertemuan pertama keterlaksanaan mencapai 86% (kategori baik) dan pada pertemuan kedua mencapai 90% (kategori baik), 3) Peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen tergolong sedang (N-Gain = 0,57). Sementara kelas kontrol berada pada kategori rendah (N-gain = 0,15). Uji hipotesis menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti hipotesis diterima. Dengan demikian, penggunaan metode talking stick berbasis media kartu tanya-jawab dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada pelajaran PAI-BP di kelas VII SMPN 2 Cileunyi Kabupaten Bandung.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | metode talking stick; media kartu tanya-jawab; hasil belajar kognitif siswa; pelajaran PAI-BP |
| Subjects: | Islam Education Education > Research and Statistical Methods |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Hasna Dini Zahirah |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 06:24 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 07:49 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/123623 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



