fahrurrozi, akmal (2025) PjBL STEM berbasis ESD pada pembuatan prototype tabung biomassa untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan sustainability consciousness. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
01. Cover.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
02. Abstrak.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
04. Daftar Isi.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
05. Bab 1.pdf Download (468kB) | Preview |
|
|
Text
06. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (610kB) | Request a copy |
||
|
Text
07. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (491kB) | Request a copy |
||
|
Text
08. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (510kB) | Request a copy |
||
|
Text
10. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) | Request a copy |
||
|
Text
09. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) | Request a copy |
||
|
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan proses sains (KPS) dan sustainability consciousness (SC) peserta didik dalam pembelajaran sains, khususnya pada topik energi terbarukan berbasis biomassa. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk melihat peningkatan KPS dan SC melalui model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) terintegrasi STEM berbasis Education for Sustainable Development (ESD) dalam pembuatan prototipe tabung biomassa yang kontekstual dan aplikatif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment) melibatkan dua kelas X Fase E di MAN 2 Tasikmalaya, masing-masing sebagai kelas eksperimen dan kontrol. Data dikumpulkan melalui observasi keterlaksanaan, tes KPS (pretest–posttest), dan kuesioner SC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran PjBL-STEM berbasis ESD memperoleh skor 98% dalam kategori sangat baik. Peningkatan KPS peserta didik menunjukkan nilai N-Gain rata-rata 0,68 (kategori sedang), sedangkan SC memperoleh N-Gain rata-rata 0,62 (kategori sedang). Hasil uji hipotesis KPS menggunakan uji Wilcoxon Signed-Rank Test pada kelas eksperimen dan kontrol menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (<0,05) yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara pretest dan posttest. Uji lanjut menggunakan Mann–Whitney U Test menghasilkan nilai signifikansi 0,001 (<0,05), menandakan adanya perbedaan peningkatan KPS yang signifikan antara kelas eksperimen dan control. Selanjutnya, hasil uji hipotesis terhadap variabel sustainability consciousness menggunakan Independent Samples t-test menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 6,114 dengan Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 dan t tabel sebesar 2,021 pada taraf signifikansi 5% (df = 40). Karena t hitung > t tabel, maka H₀ ditolak dan H₁ diterima, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara SC kelas eksperimen dan kontrol. Dengan demikian, penerapan model PjBL-STEM berbasis ESD terbukti secara statistik lebih efektif dalam meningkatkan sustainability consciousness peserta didik dibandingkan pembelajaran saintifik.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | PjBL; ESD;Sustainability Consciousness; keterampilan proses sains |
| Subjects: | Accounting > Education, Research of Accounting |
| Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
| Depositing User: | Akmal Fahrurrozi HA |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 08:03 |
| Last Modified: | 07 Nov 2025 08:18 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/124344 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



