PjBL STEM berbasis ESD pada pembuatan prototype tabung biomassa untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan sustainability consciousness

fahrurrozi, akmal (2025) PjBL STEM berbasis ESD pada pembuatan prototype tabung biomassa untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan sustainability consciousness. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
01. Cover.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. Abstrak.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. Daftar Isi.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. Bab 1.pdf

Download (468kB) | Preview
[img] Text
06. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB) | Request a copy
[img] Text
07. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text
08. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text
10. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text
09. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan proses sains (KPS) dan sustainability consciousness (SC) peserta didik dalam pembelajaran sains, khususnya pada topik energi terbarukan berbasis biomassa. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk melihat peningkatan KPS dan SC melalui model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) terintegrasi STEM berbasis Education for Sustainable Development (ESD) dalam pembuatan prototipe tabung biomassa yang kontekstual dan aplikatif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment) melibatkan dua kelas X Fase E di MAN 2 Tasikmalaya, masing-masing sebagai kelas eksperimen dan kontrol. Data dikumpulkan melalui observasi keterlaksanaan, tes KPS (pretest–posttest), dan kuesioner SC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran PjBL-STEM berbasis ESD memperoleh skor 98% dalam kategori sangat baik. Peningkatan KPS peserta didik menunjukkan nilai N-Gain rata-rata 0,68 (kategori sedang), sedangkan SC memperoleh N-Gain rata-rata 0,62 (kategori sedang). Hasil uji hipotesis KPS menggunakan uji Wilcoxon Signed-Rank Test pada kelas eksperimen dan kontrol menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (<0,05) yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara pretest dan posttest. Uji lanjut menggunakan Mann–Whitney U Test menghasilkan nilai signifikansi 0,001 (<0,05), menandakan adanya perbedaan peningkatan KPS yang signifikan antara kelas eksperimen dan control. Selanjutnya, hasil uji hipotesis terhadap variabel sustainability consciousness menggunakan Independent Samples t-test menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 6,114 dengan Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 dan t tabel sebesar 2,021 pada taraf signifikansi 5% (df = 40). Karena t hitung > t tabel, maka H₀ ditolak dan H₁ diterima, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara SC kelas eksperimen dan kontrol. Dengan demikian, penerapan model PjBL-STEM berbasis ESD terbukti secara statistik lebih efektif dalam meningkatkan sustainability consciousness peserta didik dibandingkan pembelajaran saintifik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: PjBL; ESD;Sustainability Consciousness; keterampilan proses sains
Subjects: Accounting > Education, Research of Accounting
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Akmal Fahrurrozi HA
Date Deposited: 07 Nov 2025 08:03
Last Modified: 07 Nov 2025 08:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/124344

Actions (login required)

View Item View Item